Zulfan Lindan: Saya Nggak Yakin PKS Nolak Anies

Ketum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Meski santer diisukan akan berkoalisi, namun PKS, Nasdem, dan Demokrat masih alot karena belum mengumumkan poros mereka menuju Pilpres 2024. Begitu pun terkait rencana Nasdem yang akan umumkan bakal capres dan koalisi pada 10 November 2022.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Politikus Nasdem Zulfan Lindan mengatakan rencana pihaknya untuk 10 November pasti sudah dikomunikasikan dengan PKS dan Demokrat. Menurut dia, antara tiga parpol itu sudah membentuk tim kecil untuk menjajaki komunikasi politik koalisi.

"Tim kecil itu pasti akan komunikasi. cuma kan kadang-kadang saling menjaga, saling mengatur ini semua kan gitu. nggak ada ketersinggungan. Karena nggak gampang membangun koalisi," kata Zulfan, dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip VIVA pada Rabu, 28 September 2022.

Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Photo :
  • Instagram Ahmad Syaikhu.

Zulfan menjelaskan Nasdem, PKS, dan Demokrat memiliki latar belakang basis politik yang berbeda. Pun, menurutnya menyangkut Anies Baswedan yang digadang-gadang jadi bakal capres dari tiga parpol itu juga ada titik singgungnya.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

"Memang konteks Anies ini bukan kader Nasdem, juga bukan kader PKS. Juga bukan kader Demokrat," jelas eks politikus PDIP tersebut.

Namun, ia menyampaikan jika dari runtunan cerita politik, maka PKS yang ada di barisan terdepan mendukung Anies. Dia mencontohkan saat PKS mengusung Anies sebagai cagub di Pilkada DKI 2017.

"Kalau kita runtun secara story-nya yang keras mendukung Anies sebagai cagub DKI itu kan PKS. Dari ketiga koalisi ini. Oleh karena itu, saya yakin PKS tidak ragu soal ini," ujar Zulfan.

Pertemuan Anies Baswedan dengan JK, Surya Paloh, Ahmad Syaikhu, dan AHY.

Photo :
  • Twitter @Andiarief_

Lantas, jika pada 10 November belum ada keputusan dari PKS untuk berkoalisi, Zulfan pun menjawabnya. Dia meyakini PKS pasti setuju dengan Nasdem.

"Kita kan bicaranya bukan sudut pandang keputusan. Tetapi nuansa politiknya harus kita lihat. Suasana politiknya harus kita lihat," kata Zulfan.

"Saya nggak yakin PKS nolak Anies. Ini keyakinan saya," lanjut Zulfan.

Dia mengatakan demikian karena PKS untuk Anies selalu terdepan termasuk dukungan sebelum dan menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Untuk DKI-1 saja PKS tegas. Masak untuk Presiden nggak kan gitu," sebut Zulfan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya