Cek Fakta: PKI Anggarkan Rp5 Triliun demi Muluskan Jokowi 3 Periode

Jepretan layar sebuah akun Twitter mengunggah foto yang berisi narasi bahwa PKI menganggarkan Rp5 triliun untuk memuluskan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga tiga periode.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Politik – Akun Twitter dengan nama pengguna “@Gusmail30414192” mengunggah sebuah foto yang berisi narasi bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) menganggarkan Rp5 triliun untuk memuluskan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga tiga periode.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut tidak benar. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa pembahasan mengenai penambahan periode presiden menjadi tiga periode sudah tutup buku atau sudah tidak ada lagi.

Selain itu, PKI juga sudah lama dibubarkan karena menjadi organisasi terlarang di Indonesia berdasarkan TAP XXV/MPRS/1966 adalah TAP Tentang Pembubaran PKI. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “@Gusmail30414192” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Klaim tersebut salah. Faktanya, masa jabatan presiden tetap dua periode dan PKI sudah lama dibubarkan karena menjadi organisasi terlarang di Indonesia.

Sumber: https://cekfakta.com/focus/10586

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Istana Presiden, Yusuf Permana menegaskan tidak ada jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kunjungan kerja ke Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024