Candaan Adies Kadir Usai Voting Capim KPK: Silahkan Laporan ke Bohir

Rapat di Komisi III DPR. (Ilustrasi).
Rapat di Komisi III DPR. (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA Politik – Johanis Tanak ditetapkan oleh Komisi III DPR sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Lili Pintauli Siregar. Lili sebelumnya pada Juli 2022 memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pimpinan komisi antirasuah itu.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil voting anggota Komisi III DPR, bahwa Johanis Tanak mendapatkan 38 suara dari 53 orang pemilih. Sementara I Nyoman Wara hanga mendapat 14 suara, serta 1 suara tidak sah. 

Usai voting calon pimpinan atau capim KPK dilakukan, Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir yang memimpin rapat, sempat melontarkan guyonannya. 

Adies awalnya meminta para anggota Dewan kembali duduk di kursinya masing-masing, saat perhitungan suara selesai dilakukan. Di saat itu lah Adies berkelakar mempersilakan untuk para anggota dewan juga melapor ke bohir terkait hasil keputusan capim KPK hari ini, Rabu 28 September 2022.

"Baik Bapak Ibu sekalian, silakan kembali ke tempat duduk masing-masing. Silakan nanti laporan ke bohir masing-masing,” kata Adies seraya tertawa. Candaan Adies pun disambut gelak tawa para anggota Dewan peserta rapat. 

Adies kemudian menjelaskan ke peserta rapat, bahwa hasil perhitungan ini telah sesuai dengan jumlah kehadiran anggota di komisi.

"Oke baik. Hasil perhitungan voting dari sistem one man one vote dengan nama I Nyoman Wara, jumlah suara 14. Kemudian saudara Johanis Tanak dengan jumlah suara 38 dan tidak sah ada 1 suara. Total 53 suara sesuai dengan kehadiran kita semua. 1 anggota yang tidak menggunakan (hak pilih)," kata Adies.

Halaman Selanjutnya
img_title