Verifikasi Administrasi Tuntas, Partai Gelora Optimis di Pemilu 2024

Partai Gelora Serahkan Dokumen Perbaikan Verifikasi Administrasi Parpol
Sumber :
  • Partai Gelora

VIVA Politik – Perbaikan verifikasi administrasi partai politik calon peserta Pemilu 2024, telah ditutup pada 28 September 2022 tepat pukul 23.59 WIB. Ada beberapa partai, baik yang lama maupun baru, yang harus memperbaiki administrasinya. Termasuk yang baru adalah Partai Gelora (Gelombang Rakyat) Indonesia.

Mardiono Sebut Ada Sistem yang Sengaja Kalahkan PPP hingga Tak Lolos Masuk Parlemen

Pasca pengumuman partai politik yang lolos dan harus menyelesaikan perbaikan verifikasi administrasi dari 15-28 September 2022, sejumlah partai langsung melakukan berbagai perbaikan.

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta, mengatakan pihaknya telah merampungkan perbaikan verifikasi parpol tersebut dengan lengkap dan tepat waktu. 
 
"Alhamduillah dengan penyelesaian perbaikan proses verifikasi administrasi secara lengkap ini, Insya Allah Partai Gelora, bukan hanya lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, tetapi optimis juga akan mencapai targetnya di Pemilu 2024 mendatang," kata Anis Matta dalam keterangannnya, Kamis 29 September 2022.

Disebut Tak Lolos DPR, PPP Sayangkan MK Tak Pertimbangkan Alat Bukti

Anis Matta dan Fahri Turun Gunung

Ketum Partai Gelora Anis Matta

Photo :
  • Partai Gelora
KPU Sebut Upaya PPP Masuk Parlemen Sudah Pupus

Anis menjelaskan, proses perbakan yang dilakukan. Bahkan hingga sehari sebelum penutupan pendaftaran di KPU, pihaknya masih menyisihkan 4 DPW yang belum selesai. Anis langsung menghubungi keempat DPW itu untuk segera melengkapi dokumen persyaratan seperti yang disyaratkan oleh KPU.

"Anis Matta terlihat didampingi Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah, Sekretaris Jenderal Mahfuz Sidik dan Bendahara Umum sampai begadang dari malam hingga pagi hari," dalam keterangan pers tersebut.

Dengan perjuangan itu, akhirnya verifikasi administrasi bisa diselesaikan. Anis yang langsung turun membantu, bahkan mensubmit sendiri perbaikan data dan dokumen tersebut. Maka perbaikan telah selesai, ditandai dengan tanda centang pada Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) KPU.

Anis Matta bersama Mahfuz Sidik lantas menandatangani salinan dokumen berita acara perbaikan persyaratan calon peserta Pemilu 2024. Dokumen tersebut, selanjutnya dibawa LO (liaison officer/penghubung) Partai Gelora untuk diserahkan ke KPU pada Rabu sore kemarin.

"Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh tim yang terlibat pengerjaan verifikasi administrasi, baik di level DPW, DPD maupun DPC, dan sahabat Gelora di seluruh nusantara" kata Anis.

Ketua Pokja Verifikasi Parpol Achmad Chudori menjelaskan kelengkapan persyaratan dari Partai Gelora. Mulai dari profil hingga keanggotaan, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KPU. 

"Semua sudah 100 persen. Ini menandakan kesiapan kita mengikuti Pemilu dan memenangi Pemilu 2024 insya Allah," kata Chudori.

Lebih lanjut dijelaskannya, jumlah DPW yang diuplod di Sipol KPU telah 100 persen. Adapun jumlah DPD (kabupaten/kota) sebanyak 434 dari 514 (84.44 %).

Jumlah DPC (kecamatan) sebanyak 4.173 dari 7.266 (57,43 %). Terakhir jumlah keanggotaan sebanyak yang didaftarkan sebanyak 280.041 anggota dari sebelumnya 243.118 anggota.

Berita acara dokumen perbaikan verifikasi administrasi yang diserahkan ke KPU diwakili oleh Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan Sutriyono, Ketua Bidang Jaringan dan Kerjasama Antarlembaga Ratu Ratna Damayani, serta Wakil Sekretaris Jenderal Hubungan Kewilayahan Junef Ismaliyanto.

Sutriyono mengatakan, kesuksesan dalam perbaikan verifikasi ini tak lepas dari peran seluruh fungsionaris partai yang telah bekerja keras. 
"Semoga Partai Gelora ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024 agar bisa menjadikan Indonesia kekuatan 5 besar dunia," kata Sutriyono.

Sementara Ratu Ratna Damayani (Mia) menambahkan, tidak mudah mendirikan partai saat ini. Apalagi harus memenuhi persyaratan untuk Pemilu 2024.

"Tetapi dengan kekuatan seluruh kader yang bekerja secara detil, fokus, terencana dan sungguh-sungguh, serta tidak mudah dan berliku-liku dalam mempersiapkan pendaftaran ke KPU, termasuk verifikasi parpol ini, kita bisa menyelesaikan" kata Mia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya