Ridwan Kamil Umumkan Bergabung ke Parpol pada Akhir 2022

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil
Sumber :
  • Pemprov Jabar

VIVA Politik – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan dirinya akan mengumumkan keputusan untuk bergabung dalam partai politik paling tidak hingga akhir 2022.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

"Hingga saat ini, begitu banyak dinamika yang terjadi dalam perpolitikan nasional menjelang 2024. Ya, nanti dikabari. (Pengumuman partai politik pilihannya) masih di tahun ini," kata Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis, 29 September 2022.

Dia menuturkan, pada Rabu malam, telah bertemu dengan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono. Tetapi, katanya, Agung Laksono yang ditemuinya tidak memosisikan diri sebagai petinggi Partai Golkar, melainkan sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kemarin malam itu bertemu Wantimpres, lebih tepatnya, sehingga saya dapat nasihat supaya fokus berprestasi dalam pembangunan. Kalau karier politiknya nanti menyesuaikan dengan prestasi yang ditampilkan," katanya.

PAN Anggap Anies dan Ganjar Hadir atau Tidak dalam Penetapan Prabowo Tak Ada Pengaruhnya

Agung Laksono sebelumnya memberikan sejumlah nasihat kepada Ridwan Kamil. "Jadi, dalam pertemuan antara Pak Agung Laksono dengan Ridwan Kamil kemarin malam di Bandung, Pak Agung memberikan nasihat kepada Ridwan Kamil agar terus bekerja untuk warga Jawa Barat," kata Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro 1957 Jawa Barat Aria Girinaya kepada wartawan di Bandung, Kamis.

Dalam pertemuan tersebut Agung Laksono, kata Aria, ditemani sejumlah pengurus PDK Kosgoro 1957 Jawa Barat. Aria menuturkan pertemuan tersebut tidak diagendakan secara khusus dan bersifat silaturahmi antara Ridwan Kamil dengan Kosgoro 1957.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sempat isyaratkan masuk PAN

Dalam wawancara eksklusif pada program The Interview, di Bandung, 11 Maret 2022, Ridwan Kamil memang mengatakan niatnya untuk bergabung menjadi kader salah satu partai politik. Waktu itu, dia berjanji akan mengumumkan sikap politiknya pada pertengahan tahun 2022.

"Karena saya berkomunikasi dengan semua pihak," katanya, ketika ditanya tentang rumor akan berlabuh ke PAN, "banyak yang berharap saya masuk ke partai-partai itu. Tapi nantilah dikabari pertengahan tahun."

Meski tak menyatakan secara gamblang identitas partai yang ia minati, Ridwan Kamil mengisyaratkan untuk bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mulanya dia mengelak ketika dipersoalkan posisinya di Partai Nasdem, partai yang sejak dini pilkada Jawa Barat tahun 2018 secara terbuka mendukungnya sebagai kandidat gubernur. Dia menolak disebut akan 'meninggalkan' Nasdem jika kelak bergabung dengan partai lain, termasuk PAN.

"Makanya pertanyaan tentang PAN ini kan fifty-fifty," ujarnya. "Tapi poinnya, saya akan 'berwarna' (menjadi kader partai politik), di pertengahan tahun--paling cepat; memilih mana sedang dipikirkan, tapi komunikasi intens." (ant) Baca: Isyaratkan Masuk PAN, Ridwan Kamil Tepis Disebut Tinggalkan Nasdem

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya