Mahfud MD: Pancasila Sering Diuji dan Ditentang tapi Selalu Menang

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD berbicara kepada wartawan ketika berada di Malang, Jawa Timur, Jumat, 23 September 2022.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA Politik – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila.

Mahfud Khawatir Korupsi Meluas dan Merusak Negara jika Jumlah Kementerian Bertambah

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya, seperti dikutip dari akun resmi media sosial di Jakarta, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Ia turut mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

Ia menjelaskan kesaktian Pancasila, kondisi ketika Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara terhadap setiap ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Monumen Pancasila Sakti

Photo :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
Mahfud Ngaku Tak Ada Tawaran Masuk ke Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Pancasila sering diuji dan ditentang, tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata anggota kabinet yang juga doktor di bidang hukum tata negara itu.

Selain itu, dia mengungkapkan, kesaktian Pancasila dapat dicatat dalam beberapa hal di antaranya melalui debat filosofi di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) dan PPK pada tahun 1945, dengan kesepakatannya adalah Pancasila.

Monumen Pancasila Sakti

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Selanjutnya, melalui perkawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS dan organisasi lain yang tetap dimenangkan Pancasila. Kemudian, melalui prosedur konstitusional (Pemilu) ketika pilihannya tetap Pancasila.

"Dalam kehidupan sehari-hari pun jika kita berselisih atau terjadi konflik politik, maka masing-masing mengajak penyelesaian sesuai dengan Pancasila," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya