Anies Beberkan Kriteria Cawapres Pilihannya di Pilpres 2024

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Setelah diusung, Anies diberikan otoritas untuk memilih sendiri sosok calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampinginya.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Dalam kesempatan tersebut, Anies sempat menuturkan kriteria sosok cawapres yang ia cari untuk mendampinginya. Menurut Anies, cawapres itu harus siap berjalan bersama memajukan bangsa.

"Intinya, adalah semua putra bangsa, semua yang siap untuk berjalan bersama, meninggikan kepentingan republik di atas kepentingan yang lain," kata Anies di Nasdem Tower, Senin, 3 Oktober 2022.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan otoritas penuh kepada Anies untuk memilih sendiri calon wakil presidennya di Pilpres 2024. Paloh menegaskan Nasdem tak akan mengintervensi pilihan cawapres.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

“Langsung kasih prioritas ke Bung Anies,” kata Paloh saat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 di NasDem Tower Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Paloh menyampaikan, jika dirinya atau Nasdem yang pilih cawapres, khawatir ada ketidakcocokan dengan Anies sebagai calon presidennya. Menurut Paloh, ketidakcocokan merupakan penyakit bagi pemerintahan ke depannya. 

“(Misal dipilihkan) gimana kalau tidak cocok? Belum-belum cari penyakit,” kata Paloh.

Paloh menekankan, pasangan capres dan cawapres mesti kompak dan cocok. Maka itu, Anies diberikan kewenangan penuh untuk memilih cawapres. 

“Kita ingin kekompakan dan ketika kita yakin dengan capres kita, nah pilih wakil yang pilih," tutur Paloh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya