Nasdem Usung Anies, Demokrat: Internal Masih Ingin AHY Maju Pilpres

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono atau AHY
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Politik – Partai Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Sementara, Partai Demokrat masih tetap ingin mengusung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

“Kalau dari internal kami, Demokrat masih ingin AHY maju pilpres. Tetapi maju kan bisa menjadi capres, cawapres,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP atau Koordinator Juru Bicara Demokrat, Herzaky Mahendra Putra di Jakarta pada Senin, 3 Oktober 2022.

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapimnas di JCC, Senayan.

Photo :
  • Youtube Partai Demokrat
Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Menurut dia, AHY sudah beberapa kali menyampaikan bahwa Demokrat cuma punya 9,36 persen dari presidential threshold (ambang batas pencalonan presiden) 20 persen. Sehingga, kata dia, Demokrat harus berkomunikasi dengan mitra koalisi baik Partai Nasdem maupun PKS.

“Kita lihat nanti apakah kita akan mengusung capresnya siapa. Yang pasti, kami sangat senang dan menyambut baik apa yang dilakukan Nasdem hari ini, karena ini merupakan bagian independensi dan kemandirian Nasdem,” ujarnya.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, Herzaky menambahkan, AHY selalu menyampaikan dalam koalisi itu merupakan kesepakatan bersama sehingga masing-masing harus saling menghormati independensi dan kemandirian dalam menentukan calon presiden maupun calon wakil presiden.

“Kalau Demokrat kan belum nih konteksnya. Kami kan nanti nih. Tapi pesan kami tadi kan jelas bahwa memang Mas Anies ini memiliki keselarasan dengan kriteria yang disampaikan oleh AHY. Ke depannya bersanding atau seperti apa, ya kita lihat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya