SSI: Ganjar Kuat di Jawa Bali, Prabowo dan Anies Moncer di Sumatera

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik - Salah satu temuan Survei Skala Indonesia (SSI) terkait distribusi dukungan bakal capres berdasarkan pengelompokan pulau di Tanah Air. Dua nama bakal capres menonjol yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam simulasi tersebut.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim menjelaskan dalam survei terbaru, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto diketahui punya kekuatan di Sumatera dengan 42 persen. Di bawah Prabowo, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 27,2 persen.

Sementara, distribusi dukungan di posisi empat di Sumatera ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,2 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 6,8 persen.

Prabowo Subianto saat menghadiri pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prabowo Subianto saat menghadiri pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hakim menyebut total daftar pemilih tetap (DPT) 2019 di Sumatera tercatat 38.879.789 (20,2 persen). Lalu, sampel survei 20,8 persen.

"Di Pulau Sumatera yang terdiri atas 10 provinsi, dukungan terhadap Prabowo cukup signifikan menungguli Ganjar dan Anies," kata Hakim dalam paparan survei di kantor SSI, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Pun, untuk distribusi dukungan capres berdasarkan Jawa Bali, nama Ganjar kuat. Politikus PDIP itu meraih 33,3 persen. Posisi dua ada Prabowo dengan 24,1 persen dan Anies Baswedan 20 persen.