SSI: Ganjar Kuat di Jawa Bali, Prabowo dan Anies Moncer di Sumatera

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik - Salah satu temuan Survei Skala Indonesia (SSI) terkait distribusi dukungan bakal capres berdasarkan pengelompokan pulau di Tanah Air. Dua nama bakal capres menonjol yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam simulasi tersebut.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim menjelaskan dalam survei terbaru, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto diketahui punya kekuatan di Sumatera dengan 42 persen. Di bawah Prabowo, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 27,2 persen.

Sementara, distribusi dukungan di posisi empat di Sumatera ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,2 persen. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 6,8 persen.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Prabowo Subianto saat menghadiri pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Hakim menyebut total daftar pemilih tetap (DPT) 2019 di Sumatera tercatat 38.879.789 (20,2 persen). Lalu, sampel survei 20,8 persen.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

"Di Pulau Sumatera yang terdiri atas 10 provinsi, dukungan terhadap Prabowo cukup signifikan menungguli Ganjar dan Anies," kata Hakim dalam paparan survei di kantor SSI, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Pun, untuk distribusi dukungan capres berdasarkan Jawa Bali, nama Ganjar kuat. Politikus PDIP itu meraih 33,3 persen. Posisi dua ada Prabowo dengan 24,1 persen dan Anies Baswedan 20 persen.

Hakim menyampaikan DPT 2019 di Jawa Bali tercatat 115.814.183 (60,1 persen). "Sampel survei 59,4 persen. Jawa Bali ada 7 provinsi dukungan ke Ganjar ungguli Prabowo dan Ganjar," ujar Hakim.

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Presiden selalu Jawa

Hakim merespons anggapan orang Jawa selalu menjadi Presiden lantara punya kekuatan dari DPT. Sebab, 60 persen DPT nasional berasal dari Jawa. “Data sudah cukup terang bahwa memang 60 persen pemilih ada di pulau Jawa,” ujar Hakim.

Hakim mengatakan DPT di Pulau Jawa merupakan yang terbanyak. Kemudian, di susul dengan DPT Sumatera di nomor 2.

“Karena komposisi dari dapil (daerah pemilihan) Jawa jauh lebih banyak daripada dapil di luar Jawa," tutur Hakim.

Adapun survei terbaru SSI tema ‘Peta politik nasional 12 Bulan jelang pendaftaran capres’ digelar pada 23-29 September 2022. Jumlah responden yang dilibatkan dalam survei tercatat ada 1.200 dari 34 provinsi. 

Usia responden yang jadi sampel adalah 16 tahun ke atas atau sudah menikah. Metode yang digunakan dalam survei adalah multistage random sampling. 

Margin of error dalam survei sebesar 2,83 persen. Kemudian, pengumpulan data yang digunakan dalam survei adalah wawancara tatap muka langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya