PSI Usung Ganjar Pranowo Capres 2024, Bagaimana dengan PDIP?

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merenovasi kader PDIP di Brebes
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merenovasi kader PDIP di Brebes
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden atau capres untuk Pemilu Presiden 2024 pada Senin, 3 Oktober 2022. Ganjar adalah Gubernur Jawa Tengah dan kader PDIP.

Sementara mekanisme mengajukan capres-cawapres di PDIP, ditentukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Menyangkut internal partai tersebut, PSI tidak akan mencampuri.

Raja Juli Antoni, Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka Ikut Daftarkan PSI ke KPU

Raja Juli Antoni, Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka Ikut Daftarkan PSI ke KPU

Photo :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham

“Proses yang belum selesai di PDIP, tidak ranah PSI untuk mencampuri,” kata Grace saat konferensi virtual pada Senin, 3 Oktober 2022.

Selain itu, Grace menyadari bahwa Ganjar juga bukan sebagai kader PSI. Akan tetapi, dia menyebut nama Ganjar kerap muncul dalam aspirasi ketika pengurus turun ke berbagai daerah. Bersama nama-nama tokoh lainnya seperti Erick Thohir, Mahfud MD, Andika Perkasa, Tito Karnavian dan lainnya.

“Jadi memang bukan kader tapi namanya terus muncul, namanya rembuk rakyat,” ujarnya.

Tentu, Grace mengatakan PSI akan menghormati apapun keputusan yang akan diambil oleh Megawati Soekarnoputri nantinya, dimana Ganjar Pranowo bernaung. Namun, kata dia, PSI juga menghormati hasil rembuk rakyat yang telah dilakukan sejak Februari 2021.