Survei: Pemilih Gerindra Solid ke Prabowo Subianto

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim
Sumber :
  • Istimewa/Andrew Tito

VIVA Politik - Salah satu temuan dalam Skala Survei Indonesia (SSI) terkait pilihan partai politik. Dalam survei, PDIP dan Gerindra ada di dua posisi teratas sebagai partai politik yang akan dipilih.

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim menjelaskan responden diajukan pertanyaan 'Seandainya Pemilu Legislatif dilaksanakan hari ini, partai politik mana yang akan Anda pilih untuk DPR RI?' Jawaban responden memilih PDIP 19,6 persen. Lalu, Gerindra di urutan kedua dengan 11,4 persen.

"Partai Golkar sebesar 9,6 persen, Partai Demokrat sebesar 7,1 persen, PKB sebesar 6,6 persen, PKS sebesar 5 persen, Nasdem sebesar 4,1 persen, PPP sebesar 3,2 persen dan PAN sebesar 2,4 persen," kata Hakim dalam paparannya dikutip pada Selasa, 4 Oktober 2022.

Kata Budi Arie soal Hubungan Jokowi dengan Prabowo Renggang: Jangan Adu Domba!

Ketum Prabowo Subianto saat acara Rapimnas Gerindra.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Pun, Hakim menyampaikan hampir sebagian besar pemilih Gerindra solid mendukung ketua umumnya yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menurut dia, lebih dari 81 persen akan pilih Prabowo ketimbang Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Pengamat Sebut Hak Angket Berpotensi Layu Sebelum Berkembang, Ini Alasannya

"Dari 100 persen pemilih Gerindra, 81,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 6,6 persen akan memilih Ganjar dan 3,6 persen akan memilih Anies," jelas Hakim.

Dia juga merincikan beberapa pemilih partai politik lain seperti PKB. Dia menyebut dari 100 persen pemilih PKB, 40,5 persen di antaranya akan memilih Prabowo. "19 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 1,3 persen akan memilih Anies," tuturnya.

Lalu, menurutnnya dari 100 persen pemilih PDIP, 28,9 persen di antaranya akan memilih Prabowo. Kemudian, 44,7 persen akan memilih Ganjar dan 4,3 persen memilih Anies.

Menhan Prabowo Subianto, Rapat Kerja dengan Komisi 1 DPR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Untuk pemilih Nasdem dan PKS, nama Anies moncer banyak dipilih. Dari 100 persen pemilih Nasdem, 40,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo. Sementara, 4,1  persen lain pemilih Nasdem lain akan memilih Ganjar dan 40,8 persen sisanya memilih Anies.

"Dari 100 persen pemilih PKS, 16,7 persen di antaranya akan memilih Prabowo. 11,7 persen akan memilih Ganjar dan 41,7 persen akan memilih Anies," ujar Hakim.

Survei terbaru SSI bertema ‘Peta politik nasional 12 Bulan jelang pendaftaran capres’ dilakukan pada 23-29 September 2022. Responden yang dilibatkan sebanyak 1.200 dari 34 provinsi.  

Pun, usia responden yang jadi sampel adalah 16 tahun ke atas atau sudah menikah. Metode yang digunakan dalam survei adalah multistage random sampling.

Kemudian, margin of error dalam survei sebesar 2,83 persen. Lalu, pengumpulan data yang digunakan dalam survei adalah wawancara tatap muka langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya