Sodorkan AHY Jadi Cawapres Anies, Demokrat: Punya Hubungan Emosional

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik - Partai Demokrat tetap fokus berkomunikasi dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) guna menjalin koalisi di Pilpres 2024. Salah satu yang dibahas terkait nama cawapres pendamping Anies Baswedan.

Prabowo Silaturahmi ke SBY di Cikeas, Demokrat: Pertemuan Konstruktif 2 Negarawan

Deputi Strategi dan Kebijakan Balitbang DPP Partai Demokrat, Yan A Harahap tak menampik Demokrat ingin ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Namun, ia mengaku pigaknya akan tetap fokus berkomunikasi dengan Nasdem dan PKS.

"Jadi, kami akan tetap fokus dulu berkomunikasi intens dengan Nasdem dan PKS. Semoga niat baik kita dalam membangun bangsa ini ke depan diijabah Allah SWT. Aamiin,” kata Yan kepada wartawan, Selasa, 4 Oktober 2022.

Dari Hambalang ke Cikeas, Prabowo Bakal Silaturahmi Lebaran Temui SBY Malam Ini

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Yan memastikan komunikasi Demokrat dengan Nasdem dan PKS selama ini terjalin sangat baik dan akan terus berlanjut. 

SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya

“Soal deklarasi Capres Nasdem pun sebelumnya telah dikomunikasikan kepada kami,” kata Yan. 

Lebih lanjut, ia menyebut dalam penentuan capres dan cawapres, tiga partai ini punya kesamaan sikap untuk memperjuangkan perubahan dan perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini.

“Perubahan dan perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini,” ujarnya. 

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan.

Photo :
  • instagram Andi Mallarangeng

Yan mengakui, Demokrat punya sejumlah kriteria capres dan cawapres yang menitikberatkan pada integritas, kapasitas, elektabilitas serta chemistry

Pun, Yan menegaskan, dalam hal ini kriteria yang paling penting adalah memiliki semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan.

“Kita tentu sudah lihat bahwa, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Di samping itu, Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan emosianal yang cukup dekat," tuturnya.

Dinamika menuju 2024, Demokrat, Nasdem, dan PKS santer diisukan akan membentuk poros koalisi. Poros tiga parpol itu digadang-gadang akan mencalonkan Anies sebagai bakal capres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya