AHY: Kita Juga Akan Umumkan Calon Presiden dan Wakil Presiden

AHY Konpers Terkait Lukas Enembe
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons deklarasi Partai Nasdem yang mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024. AHY mengaku menghormati sepenuhnya hak dan kedaulatan Partai Nasdem.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

“Partai Nasdem, contohnya, telah mendeklarasikan calon presiden tahun 2024, sudah berkomunikasi juga dengan Demokrat, termasuk PKS di Jakarta kemarin, dan kami menghormati sepenuhnya itu adalah hak dan kedaulatan Partai Nasdem. Begitu pula sebaliknya mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di PKS,” kata AHY dalam keterangannya, Selasa, 4 Oktober 2022.

AHY juga menyerukan kepada para kader Partai Demokrat untuk terus berikhtiar. Dia menyebut pimpinan Demokrat sedang berusaha yang terbaik dalam menjajaki koalisi.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menyebut “koalisi itu penuh dengan misteri, karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita". Karena itu, yang dapat dilakukan semua unsur Partai Demokrat, menurutnya, terus berikhtiar untuk mendapatkan yang terbaik. Seluruh elite Partai Demokrat akan selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan petinggi partai politik lain.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Oleh karena itu AHY meminta seluruh kader Demokrat di seluruh Indonesia untuk tidak perlu khawatir dan jangan sampai gagal fokus. Putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meminta seluruh kader Demokrat untuk meningkatkan terus elektabilitas partai di daerah.

“Terus saja tingkatkan elektabilitas partai kita, tingkatkan elektabilitas caleg-caleg kita, tingkatkan elektabilitas supaya ada jalan ke arah sana. Dan semoga pada saatnya dan saya yakinkan di saat yang tepat, kita juga akan mengumumkan sikap kita seperti apa, dan juga mengumumkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono atau AHY

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Menurut AHY, Demokrat masih punya cukup waktu ke depan dan kembali menegaskan agar menghormati partai-partai yang telah menentukan sikap.

Masih tersedia cukup waktu, katanya, untuk menjalin komunikasi dengan partai lain sebelum pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden pada September hingga Oktober 2023. Karena itu, dia berharap para kader Demokrat tetap tenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya