PSI Capreskan Ganjar, Geisz Lempar Sindiran Keras ke Giring

Geisz Chalifah.
Sumber :
  • Instagram @geisz_chalifah

VIVA Politik - Manuver Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024 jadi perhatian di kancah politik nasional. Loyalis pendukung Anies Baswedan, Geisz Chalifah pun ikut menyoroti manuver PSI.

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Sorotan Geisz lebih menyindir PSI dan ketua umumnya, Giring Ganesha. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Komisaris PT Pembangunan Jaya Ancol itu menyertakan tangkapan layar cuitan akun Twitter Giring yang mengaku ogah membahas politik di tengah duka Kanjuruhan, Malang.

Dalam cuitan itu, eks vokalis band Nidji itu juga menyinggung deklarasi capres di tengah kedukaan. Meski sudah dihapus, cuitan Giring itu sudah terlanjur viral.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Geisz dalam unggahannya, sengaja mengkolasekan tangkapan layar cuitan Giring dengan artikel salah satu portal soal PSI yang mendeklarasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di bawah kolase itu, Geisz menyindir keras dengan satu kalimat.

"Otaknya Dikit Perilakunya Pecundang," tulis Geisz dikutip VIVA pada Selasa malam, 4 Oktober 2022.

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha

Photo :
  • Instagram @giring

Geisz sudah dikonfirmasi VIVA dan membenarkan unggahannya di akun Instagram dan Twitter. Dia pun mempersilakan untuk dikutip.

Netizen sebelumnya mempersoalkan manuver PSI terutama ketumnya, Giring Ganesha. Melalui cuitannya yang viral tapi sudah dihapus, Giring diduga netizen menyindir Nasdem yang mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres pada Senin, 3 Oktober 2022.

"Hilangnya ratusan nyawa di #Kanjuruhan membuat kami di @psi_id menyingkirkan bahasan politik sementara. Deklarasi capres di tengah kedukaan tentu menyisakan rasa nir empati. PSI konsisten menolak pemimpin pengusung politik indentitas," demikian tulis Giring dalam cuitannya yang sudah dihapus.

Cuitan Ketua Umum PSI Giring Ganesha yang sudah dihapus.

Photo :
  • Tangkapan layar Twitter

Namun, usai Nasdem deklarasikan Anies, PSI tak tinggal diam. Pada Senin sore, elite PSI terutama Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie mengumumkan bahwa mereka mendeklarasikan Ganjar sebagai bakal capres 2024.

PSI pun jadi sindiran netizen. Usai PSI mencapreskan Ganjar, nama Giring sempat trending di jagat Twitter pada Senin, 3 Oktober 2022.

Penjelasan PSI

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie tak menampik cuitan Giring yang viral. “Saya betul cek itu ada cuitan Bro Giring demikian,” kata Grace saat konferensi virtual pada Senin, 3 Oktober 2022.

Namun, ia mengatakan untuk peristiwa Kanjuruhan, kader PSI dari pusat dan daerah sudah bergerak untuk melakukan penggalangan dana dan membantu keluarga korban.

Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) (foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Grace juga bilang pihaknya mendorong investigasi menyeluruh imbas tragedi yang menewaskan lebih dari 120 orang tersebut. 

“Kita meminta agar proses investigasi menyeluruh penanggungjawab harus bertanggungjawab. Entah dicopot jabatannya dan sebagainya. Kami sudah melakukan apa yang kami bisa sesuai kapasitas kami,” jelas dia. 

Terkait deklarasi Ganjar capres, dia juga punya alasan. Sebab, PSI sudah menjaring sejumlah nama bakal capres yang mereka dukung melalui survei 'rembuk rakyat'.

Menurut Grace, PSI sudah melakukan jajak pendapat sejak Februari 2021 terkait bakal capres 2024 pengganti Jokowi.

“Kami juga punya tanggungjawab kepada masyarakat Indonesia yang sudah kami tanyai pendapatnya sejak Februari tahun lalu terkait siapa pemimpin yang mereka inginkan untuk menggantikan Pak Jokowi," tutur Grace. 

"Jadi, dua-duanya kami jalankan secara paralel, tidak ada yang tidak prioritas,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya