Demokrat Aceh Jaring Caleg yang Mampu Membaca Alquran

Sejumlah kader Partai Demokrat Aceh saat melakukan simulasi pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk pemilu tahun 2024 di Banda Aceh, Aceh, Rabu, 5 Oktober 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Rahmat Fajri

VIVA Politik – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Aceh membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) di semua tingkatan untuk berkompetisi pada pemilu tahun 2024, salah satu syarat wajib adalah mampu membaca Alquran.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

"Syarat menjadi caleg sudah diatur oleh DPP. Akan tetapi, Aceh punya spesifikasi khusus, yaitu harus mampu membaca Alquran," kata Ketua Panitia Pendaftaran Caleg Demokrat Aceh Muzakkar A. Gani di Banda Aceh, Rabu, 5 Oktober 2022.

Demokrat Aceh telah membuka pendaftaran caleg untuk pemilu 2024 mulai 5 Oktober hingga 5 Desember 2022. Pendaftaran terbuka bagi semua kalangan, termasuk dari eksternal partai.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

AHY bersama elite Partai Demokrat.

Photo :
  • Istimewa

Muzakkar mengatakan bahwa syarat khusus mampu membaca Alquran tersebut penting karena nantinya penyelenggara pemilu, yakni Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, juga akan melakukan tes mengaji agar dapat menjadi caleg.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

"Karena itu tes Alquran itu sifatnya wajib di Aceh. Maka, kami cari yang sudah mampu sehingga nantinya saat dites oleh KIP tidak lagi gagal di sana," ujarnya.

Target tiga kursi

Selain mampu membaca Alquran, kata Muzakkar, Demokrat juga mencari caleg yang memiliki niat besar memperjuangkan kesejahteraan rakyat sesuai dengan cita-cita partai, mempunyai pengaruh di tengah masyarakat, dan punya elektabilitas tinggi.

Kampanye terbuka Partai Demokrat di Yogyakarta

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro

"Kami lakukan seleksi caleg berkualitas, yang punya semangat membangun mewujudkan kesejahteraan dan memiliki elektabilitas sehingga dapat memberikan yang terbaik untuk partai," kata mantan bupati Bireuen itu.

Sementara itu, Ketua Partai Demokrat Aceh Muslim menegaskan bahwa setiap caleg harus benar-benar mau memperjuangkan cita-cita Partai Demokrat.

Anggota DPR RI asal Aceh itu menargetkan tiga kursi untuk DPR RI (saat ini dua kursi), kemudian 13 kursi DPR Aceh (saat ini 10), dan 78 kursi DPRK se-Aceh (sekarang 72 kursi) pada Pemilu 2024.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya terus menggencarkan konsolidasi ke daerah hingga ke tingkat desa.

"Kami juga terus melakukan kegiatan bersama masyarakat, seperti aktivitas sosial donor darah. Semoga niat baik dan doa diijabahkan untuk kemenangan Demokrat," kata Muslim. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya