Anas Urbaningrum Jadi Ketua Umum Demokrat

Anas Urbaningrum di Kongres Partai Demokrat
Anas Urbaningrum di Kongres Partai Demokrat
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Anas Urbaningrum terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat untuk periode 2010-2015. Perolehan suara Anas yang menyentuh angka 266 suara itu menunjukkan perolehan sudah lebih dari 50 persen suara atau total 531 suara.

Pendukung terdengar bergemuruh di penghitungan suara pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat, di Hotel Mason Pine, Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu 23 Mei 2010.

Perolehan untuk Ketua Fraksi Demokrat Anas Urbaningrum adalah 280 suara. Sedangkan suara untuk Marzuki Alie yang juga Ketua DPR mencapai 246 suara. Keduanya terpaut 24 suara.

Perhitungan suara sempat dihentikan saat Anas Urbaningrum memperoleh 252 suara dan Marzuki Alie 218 suara. Tiba-tiba sejumlah peserta mendatangi Anas untuk memberikan ucapan selamat. Sejumlah wartawan juga merangsek mendekati Anas. Puluhan petugas keamanan juga masuk sehingga suasana makin riuh.

Dengan begitu, hasil sementara pemilihan Ketua Umum Demokrat itu akan menetapkan Anas Urbaningrum menjadi Ketua Umum Demokrat berikutnya, menggantikan Hadi Utomo.

Kemenangan Anas ini menimbulkan kegembiraan luar biasa bagi para pendukungnya di arena kongres. Atmosfir kegembiraan tak terbendung saat suara Anas melewati setengah dari total suara.

Penghitungan suara putaran kedua berlangsung sangat sengit dan menegangkan. Di awal penghitungan putaran kedua ini, Marzuki Alie sempat memimpin.

Perolehan suara Marzuki Alie memimpin sampai titik angka 117 suara. Setelahnya, Anas kembali memutar balik keadaan dan memimpin hingga posisi 51 persen lebih.

Anas saat ini tercatat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, 15 Juli 1969 ini terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari daerah pemilihan Jawa Timur VI. Anas juga sekaligus menjadi Ketua Fraksi dari Partai Demokrat di DPR RI. (jn)