Tak Mau Buru-buru, PKS Sebut Belum Ada Rencana Deklarasi Capres

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Sekjen Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengungkapkan, bahwa sampai dengan saat ini partainya belum memiliki rencana untuk mendeklarasikan calon Presiden (capres) di Pilpres 2024. Habib Aboe begitu ia disapa, mengaku PKS hingga saat ini masih terus mencermati perkembangan situasi politik nasional.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

"Seluruh langkah politik yang diambil partai lain dalam pencapresan kita atensi dan hormati. Untuk PKS sendiri saat ini belum ada rencana mendeklarasikan salah satu tokoh sebagai capres yang akan diusung di pemilu 2024," kata Habib Aboe, Senin 10 Oktober 2022.

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Photo :
  • Instagram Ahmad Syaikhu.
Bawa Koper, Gibran Temui Prabowo di Kertanegara Usai Putusan MK

Habib Aboe menerangkan, bahwa kewenangan pencapresan di PKS sesuai ketentuan AD ART pasal 18 ayat 2 huruf a merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP). Hasil DPTP itu, akan disampaikan setelah dilakukan musyawarah Majelis Syuro PKS.

"Sedangkan hasil sidang DPTP memutuskan pencapresan akan disampaikan berdasarkan hasil musyawarah Majelis Syuro. Oleh karenanya, kita akan menunggu dan mengikuti proses tersebut," ungkap Anggota DPR dari Dapil Kalimantan Selatan 1 ini.

Syaikhu Bicara Peluang PKS Gabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Habib Aboe menuturkan, PKS memiliki konsen yang tinggi dalam menyiapkan diri untuk menghadapi pilpres 2024. Namun, kata dia, PKS memilih langkah untuk tidak terburu-buru mendeklarasikan capres yang akan diusung. 

"Konsolidasi struktural terus dilakukan secara berkala untuk menyerap aspirasi internal PKS maupun menyiapkan mesin politik PKS dalam menyongsong pilpres mendatang," ujar dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri acara jalan sehat PKS DKI.

Photo :
  • Istimewa

Habib Aboe menegaskan, salah satu kegiatan konsolidasi yang dilakukan oleh PKS ialah political update. Habib Aboe menerangkan konsolidasi tersebut sudah dua kali digelar oleh PKS.

"Ini adalah forum selevel Rapimnas untuk mendiskusikan situasi perkembangan politik nasional termasuk soal pencapresan," tandas Anggota Komisi III DPR RI ini.

Seperti diketahui, sejumlah Partai telah menentukan siapa kandidat yang akan diusung sebagai Capres dalam Pemilu 2024. Partai yang telah menentukan Capresnya yaitu Gerindra yang tegas mendukung Ketua Umumnya Prabowo Subianto dan juga Partai NasDem yang belum lama ini mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai sosok yang akan diusung sebagai Capres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya