Suprapti Penjual Dawet Kanjuruhan Viral, PSI: Kalau Masih Pegang KTA, Kami Pecat!

Ilustrasi kader Partai Solidaritas indonesia (PSI)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA Politik - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali jadi sorotan gegara ulah Suprapti Fauzi yang dianggap sebagai kader partai tersebut. Perempuan itu viral karena suara misterius 'penjual dawet' yang menyudutkan suporter Arema yakni Aremania.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Menanggapi itu, Juru Bicara DPP PSI Sigit Widodo menjelaskan Suprapti bukan pengurus yang aktif lagi. Namun, ia tak menampik jika yang bersangkutan pernah jadi pengurus PSI Kabupaten Malang. Sigit bilang, waktu aktif Suprapti di kepengurusan pun juga tak lama.

"Pernah menjabat sejenak di kepengurusan selama tiga bulan kalau tidak salah," kata Sigit saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 13 Oktober 2022.

Anwar Usman Tidak Bakal Tangani Sengketa Pileg yang Melibatkan PSI

Poster yang beredar soal sosok penjual dawet

Photo :
  • Lucky Aditya (Malang)/ VIVA

Pun, dia menambahkan dari keterangan pengurus DPD PSI Kabupaten Malang, Suprapti sudah tak aktif per Juni 2020.

Kaesang Tepis Isu Erina Gudono Maju Pilbup Sleman

"Sejak 22 Juni 2020 sudah tidak menjabat lagi dan menurut Ketua DPD Kabupaten Malang ibu itu sudah tidak aktif lagi," lanjut Sigit.

Sigit menegaskan pernyataan Suprapti sangat tidak pantas terkait tragedi kelam Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Menurutnya, PSI sejak awal dalam tragedi ini sudah aktif memberikan dukungan pengusutan insiden berdarah Kanjuruhan.

Kemudian, ia menekankan jika Suprapti memang masih aktif sebagai kader, maka akan dicabut dan segera dipecat.

"Meskipun beliau sudah tidak aktif, kalau beliau masih memegang KTA PSI, akan kami cabut dan dipecat dari keanggotaan partai," tuturnya.

Tragedi Kanjuruhan Malang (Foto/VIVA.co.id)

Photo :
  • vstory

Suprapti jadi perhatian netizen di media sosial gegara rekaman suara yang mengaku sebagai penjual dawet. Rekaman suara perempuan itu menyudutkan suporter Arema yang diduga menenggak minuman keras sebelum terjadi kerusuhan di Kanjuruhan. 

Rekaman itu viral dan membuat Aremania geram. Apalagi dalam insiden Kanjuruhan, Aremania berduka lantaran banyak anggotanya yang jadi korban. Baik korban jiwa maupun luka-luka.

Namun, setelah viral rekaman itu, muncul video yang memperlihatkan perempuan penjual dawet tengah meminta maaf kepada salah satu keluarga korban insiden Kanjuruhan. Perempuan yang minta maaf itu diduga Suprapti.

Di media sosial pun viral, flyer dengan foto Suprapti yang merupakan Wakil Ketua DPD PSI Kabupaten Malang. Di flyer itu beredar logo PSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya