Elite Demokrat: Jokowi Hanya Sekadar Janji, Anies Sebaliknya

Unggah foto saat nober Formula E, Anies ucapkan ulang tahun ke Jokowi
Sumber :
  • Instagram: Anies Baswedan

VIVA Politik - Dinamika yang memanas antara elite Nasdem dengan PDI Perjuangan (PDIP) soal Anies Baswedan antitesis Jokowi jadi perhatian. Elite partai politik (parpol) lain pun bereaksi dengan ikut menyindir PDIP serta Jokowi.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menganggap penilaian politikus NasDem, Zulfan Lindan yang menyebut Anies antitesis Jokowi merupakan hal lumrah. Menurut dia, publik memiliki penilaian masing-masing untuk menguji kualitas Anies. Bagi dia, biar publik yang menilai dan menguji argumentasi tersebut.

“Dan menguji kualitas argumentasi ini dari apa yang disampaikan dan diterangkan bahwa Mas Anies merupakan antitesis Pak Jokowi. Kami memiliki pandangan yang sama bahwa Mas Anies adalah antitesis Pak Jokowi,” kata Lamhar saat dihubungi pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Photo :
  • Instagram @kamharlakumani

Menurut dia, publik diklaim memiliki catatan tak ada satu janji kampanye Jokowi yang terealisasi selama dua periode ini. Justu, kata dia, agenda yang tidak pernah dijanjikan Jokowi yakni pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur malah dikerjakan.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Kamhar juga menyinggung janji kampanye Jokowi seperti tol laut, kembali membeli Indosat, hingga penguatan KPK yang tak ada terealisasi.

“Jika catatan dan memori publik bahwa tak satu pun janji kampanye Pak Jokowi yang terealisasi mulai dari Mobil Esemka, membeli kembali Indosat, Tol Laut, ekonomi yang akan meroket, penguatan KPK, kereta cepat tanpa menggunakan APBN dan sebagainya," tutur Kamhar. 

"Malah agenda pemindahan IKN yang tak pernah diucapkan ke publik yang dijadikan prioritas. Padahal belum mendesak dan waktunya belum pas," lanjut Kamhar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Maka itu, Kamhar mengatakan Demokrat punya pandangan yang sama bahwa Anies seperti antitesis Jokowi. Menurut dia, Anies kebalikan dari Jokowi. Kata dia, Anies sebaliknya dari Jokowi karena perkataan dan perbuatannya selaras serta sesuai.

“Mas Anies sebaliknya, the man of integrity. Segala janji di masa kampanye bisa ditunaikan dan dilunasi. Sukses membawa Jakarta menjadi kota kelas dunia dan bahagia warganya. Mas Anies memiliki konsep, perencanaan dan kemampuan eksekusi yang memadai,” jelas dia.

Pun, Kamhar juga menyinggung Jokowi yang tak menyelesaikan tugasnya memimpin Ibu Kota Jakarta. Ia bilang Jokowi jadi Gubernur DKI hanya untuk batu loncatan Pilpres 2014 yang dibumbui beragam pencitraan seperti masuk gorong-gorong hingga janji mengatasi banjir.

“Mulai dari masuk gorong-gorong hingga janji mengatasi banjir yang juga hanya sekadar janji. Berkebalikan dengan Mas Anies yang mengemban tanggung jawab sampai selesai,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya