Survei LSI: 80,9 % Warga Jakarta Puas Kinerja Anies Baswedan

Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Mantan Wagub Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki

VIVA Politik – Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan hasil survei terbarunya, mengenai kepuasaan masyarakat Jakarta terhadap kinerja Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria, semasa menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyebutkan, bahwa tingkat kepuasan warga Jakarta terhadap kinerja Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin Ibu Kota, sangat memuaskan.

“Secara umum kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dinilai positif oleh warga DKI Jakarta, sekitar 80,9 % merasa puas,” kata Djayadi dalam keterangannya, Jumat 21 Oktober 2022.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

Dijelaskannya, dari 80,9 % itu sebanyak 64,2 % masyarakat mengaku cukup puas dengan kinerja Anies. Sedangkan 16,7 % mengaku sangat puas. Untuk kurang puas, Djayadi mencatat sebanyak 16,8 %, yang tidak puas 0,9 % dan tidak menjawab sebanyak 1,4 %.

Selain kepada Anies, warga Jakarta juga merasa puas dengan kinerja wakilnya yakni, Ahmad Riza Patria. 
“Penilaian positif juga diberikan kepada kinerja Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria sebesar 71,7 % warga DKI menyatakan puas atas kinerjanya,” ucapnya.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Survei yang dilakukan oleh LSI terkait beberapa program pemerintahan Anies yang dinilai baik pelaksanaannya.

“Program Enam Jenis Kartu Kesejahteraan (89 %), pembangunan JIS (77 %), Formula E (68 %), program hunian DP 0 rupiah (64 %), Program Transportasi Terintegrasi (63 %), Program OKE-OCE (56 %), Tebet Eco Park (56 %) dan Program Naturalisasi Sungai (51 %),” jelasnya.

Djayadi juga menjelaskan, dari semua program yang disebutkan, umumnya mayoritas warga DKI menilai baik dalam pelaksanaannya. 

“Program yang dinilai paling kurang baik pelaksanaannya adalah Program Hunian DP 0 Rupiah,” katanya.

Survei ini dilakukan pada 8-14 Oktober 2022, saat Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patrai masih menjabat. Metode yang digunakan LSI menggunakan multistage dengan toleransi kesalahan atau margin of error lebih kurang 4 % pada tingkat kepercayaan 95 %, dengan asumsi simple random sampling. LSI juga menggunakan sampel sebanyak 610 orang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya