Pengamat: FX Rudy Terkesan Menentang dan Abaikan Sanksi DPP PDIP

DPP PDIP Klarifikasi ke FX Hadi Rudyatmo Terkait Dukung Ganjar jadi Capres
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus

VIVA Politik - Manuver Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo bersama ratusan kader lainnya yang merayakan ultah Ganjar Pranowo jadi sorotan. Padahal, FX Rudy sudah dapat teguran keras dan terakhir dari DPP PDIP imbas sikapnya yang dukung Ganjar Pranowo nyapres 2024.

Menhan Israel Pasang Badan untuk Batalion Netzah Yehuda yang Dijatuhi Sanksi AS

Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menganalisa dengan manuver tersebut, FX Rudy terkesan mengabaikan sanksi keras dan terakhir DPP PDIP. Dia mengatakan momen FX Rudy saat disambut ratusan kader dan sejumlah pengurus DPC PDIP Solo.

"Bahkan sekembali dari menerima sanksi, Rudy disambut ratusan kader dan sejumlah pengurus FPC PDIP Solo," kata Jamiluddin, dalam keterangannya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Menurut dia, dengan momen itu mengindikasikan FX Rudy, pengurus DPC PDIP Solo, dan kadernya terkesan mengabaikan sanksi yang diberikan DPP PDIP. Kata dia, indikasi itu bermakna bahwa Rudy dan kader PDIP di Solo seperti tidak ada sanksi yang diberikan DPP PDIP.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Dia menyinggung sanksi yang diberikan DPP PDIP kepada Rudy yang masuk kategori keras dan terakhir. Dengan sanksi itu jika Rudy melakukan kesalahan sama maka bisa dipecat dari kader PDIP.

"Padahal sanksi diberikan kepada Rudy masuk kategori keras dan terakhir. Itu artinya, kalau Rudy melakukan kesalahan lagi berpeluang dipecat sebagai kader PDIP sangat besar," jelas Jamiluddin.

Namun, ia melibat sikap Rudy yang terkesan mengabaikan sanksi dari DPP PDIP. Kata dia, dengan merayakan ulang tahun Ganjar, terkesan Rudy menantang DPP PDIP. "Rudy terkesan tidak takut mendapat sanksi lebih keras lagi, termasuk kemungkinan pemecatan," tuturnya.

Ucapan Selamat Ultah ke Ganjar Pranowo oleh Kader PDIP Kota Solo

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

Lebih lanjut, dia mengatakan apa yang dilakukan Rudy dan kader PDIP di Solo bisa dikatakan sebagai pembangkangan. Dia berpandangan manuver Rudy berpeluang bisa diikuti kader PDIP lainnya di penjuru tanah air. 

"Setidaknya bila DPP salah mengambil tindakan terhadap Rudy, maka pembangunan terhadap DPP akan semakin.membesar dan meluas. Kiranya hal itu yang perlu dimenangkan DPP PDIP," ujarnya.

Sebelumnya, ratusan pengurus dan kader PDIP Solo menggelar upacara Sumpah Pemuda di pinggir Sungai Bengawan Solo, Jumat, 28 Oktober 2022. Upacara yang dipimpin Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, itu juga jadi ajang memperingati hari ulang tahun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke 54.

FX Rudy juga tampak mengenakan segaram Satgas PDIP lengkap dengan baret merah saat menjadi inspektur upacara. Meski dapatkan sanksi keras dari DPP PDIP terkait sikap dukungannya ke Ganjar sebagai capres, tidak menyurutkan semangatnya untuk mengikuti upacara Sumpah Pemuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya