Yenny Wahid: Biaya untuk Mengatasi Konflik Begitu Besar

Direktur The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid saat memberikan kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Direktur The Wahid Foundation Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid mengingatkan bahwa masa keemasan Indonesia tahun 2045 dapat tercapai jika memaksimalkan potensi para pemuda saat ini.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Masa keemasan itu dapat tercapai kalau bisa meletakkan pondasi yang benar di masyarakat, bisa memaksimalkan kontribusi dari anak-anak muda," katanya saat memberikan kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2022.

Mengusung tema, sumpah pemuda, pemuda dan daya perubahan di tengah tantangan global, Yenny mengatakan saat Indonesia memiliki 64 juta pemuda usia produktif. "Kalau mereka terfasilitasi dan potensi diri tercapai optimal, itu bisa tercapai masa keemasan indonesia," katanya menegaskan.

Gibran Diberi Wejangan Ma'ruf Amin: Presiden dan Wakil Presiden Harus Kompak

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Dia menyatakan Indonesia tahun 2045 sudah mencanangkan diri pada masa keemasan, yaitu Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor empat terbesar di dunia.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Bonus demograsi

Mantan koresponden media Australia The Sydney Morning Herald itu mengingatkan, Indonesia merupakan negara yang sangat beruntung, karena lebih dari 50 persen penduduknya merupakan usia produktif.

Penduduk yang usia produktif kata dia, mereka akan bekerja, lalu membayar pajak dan negara pun mendapatkan penghasilan yang digunakan untuk membangun kembali fasilitas kepada masyarakat seperti jalan raya, rumah sakit, sekolah hingga bandar udara.

Ilustrasi bonus demografi.

Photo :
  • Istimewa

"Bonus demograsi Indonesia, terkadang kita kurang memahami sebagai peluang yang sangat luar biasa," ujarnya.
 
Saat ini, katanya, manusia mengalami tiga tantangan besar atau tiga tantangan besar yang dialami masyarakat dunia yakni disrupsi dalam hal teknologi, ekologi, dan emosi atau ideologi.

Kemajuan teknologi dan masalah ekologi

Kata dia, teknologi informasi terkait internet of things, social media, blockhain hingga digital currency mengubah lanskap, teknologi yang menghasilkan otomatisasi.

Dia mencontohkan saat pekerja pabrik digantikan oleh mesin, dengan robot, industri membutuhkan efisiensi, sehingga mereka melihat teknologi merupakan solusi untuk efisiensi.

Ilustrasi/Aktivitas pencurian kayu di hutan.

Photo :
  • @Sutopo_BNPB

Selain itu, persoalan ekologi seperti kenaikan suhu bumi, kelangkaan sumber daya dan energi, perpindahan sukarela maupun akibat perang dan konflik.

Konflik

Kemudian, ideologi dalam hal politik mayoratarianisme dan supremasi identitas, politik identitas, persebaran narasi kebencian yang dimonetisasi, diskriminasi sosial dan terorisme.

Dia menegaskan, sebuah negara atau komunitas terbelah, energinya menjadi hilang, tidak dapat membangun karena masuk dalam konflik, karena begitu banyak ongkos digunakan untuk mengatasi konflik.

"Biaya untuk mengatasi konflik begitu besar, sehingga begitu penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan; kalau tidak kita tidak akan mendapatkan masa keemasan," pesannya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya