Anies Baswedan Beberkan Kedekatan Dengan Aher, Pernah Kerja Sama

Anies Baswedan dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan alias Aher.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – Bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem Anies Baswedan, menyebut bahwa sosok Ahmad Heryawan atau Aher, bukan orang baru baginya. Dia mengakui, pernah bekerja sama dengan Aher saat politisi PKS itu menjabat Gubernur Jawa Barat. Aher diajukan oleh PKS sebagai calon bakal cawapres Anies. Saat ini ada 2 nama yang mencuat, yakni Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Aher.

Gibran: Terima Kasih Pak Ganjar dan Pak Anies

Meski punya kedekatan dan sempat bekerja sama, namun Anies menegaskan belum ada kesepakatan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024

Pernyataan ini ditegaskan Anies, setelah bertemu dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan.

Dedi Mulyadi Tegaskan Prabowo-Gibran Menang Bukan karena Bansos: Semoga No Debat!

"Seperti kita tahu masa-masa ini adalah masa membicarakan terkait dengan rencana dua tahun yang akan datang pemilu dan pilpres, walaupun yang dibicarakan santai tidak ada sesuatu yang khusus, tidak ada kesepakatan dan lain-lain. Tetapi kita tukar pikiran dan prosesnya juga masih panjang kita mengalir," kata Anies dikutip Senin, 31 Oktober 2022.

Kedekatan dengan Aher

Zulhas Serukan Semua Pihak Terima Putusan MK: Pemilu Sudah Kita Lalui Secara Damai

Anies menjelaskan, dirinya memiliki kedekatan dengan Ahmad Heryawan. Kedekatan itu terjalin saat sama-sama masih menjabat kepala daerah.

"Soal kedekatan Pak Aher, kita sering kerja sama waktu menjabat gubernur. Waktu saya baru menjabat, beliau ketua APPSI dan sering kumpul di Bandung. Jadi, kami sering berdiskusi waktu acara tersebut," kata Anies.

Karena itu, Anies memastikan terkait penentuan cawapres tidak akan terburu-buru. Menurutnya, penentuan cawapres butuh kematangan untuk memenangkan pesta demokrasi 2024.

"Dari soal waktu sudah sering disampaikan. Tidak ada keterburu-buruan, alon-alon waton klakon. Waton itu dalam bahasa Jawa artinya sesuai dengan tatanan, penuh kematangan, penuh seksama. Jadi waton itu bukan asal tapi berarti berproses matang," jelas Anies.

Sementara Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS Ahmad Heryawan alias Aher menyatakan, pihaknya segera memutuskan ihwal deklarasi Capres 2024. Hal itu, lanjut dia, akan diputuskan dalam hasil keputusan Majelis Syuro DPP PKS.

"Tentu PKS ada tradisi bahwa seluruh keputusan itu diputuskan di musyawarah paling tinggi, musyawarah Majelis Syuro, Insha Allah pada hari-hari ke depan akan ada musyawarah Majelis Syuro, salah satu agenda yang ditunggu tunggu masyarakat tentu adalah kapan keputusan calon presiden tiba itu jawabannya jadi nampaknya kita tidak perlu tergesa-gesa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya