Soal Cawapres Anies, PD: Kami Ingin Saling Melengkapi, Bukan Malah Saling Mendahului

Anies Baswedan ketemu AHY dan elite Partai Demokrat.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik - Elite Partai Demokrat meyakini penentuan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bersanding dengan Anies Baswedan tidak diputuskan terburu-buru. Hal itu akan dibahas bersama dengan parpol calon mitra koalisi lainnya.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Demikian disampaikan Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin, 31 Oktober 2022. 

Herzaky menjelaskan, untuk saat ini Demokrat bersama-sama dengan Nasdem dan PKS masih fokus membahas kriteria capres dan cawapres, serta cara menentukannya.  "Belum membahas nama secara resmi, meskipun sudah masuk beberapa aspirasi," kata Herzaky.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Photo :
  • Dok. Demokrat

Bahkan untuk penentuan cawapres, Herzaky memastikan tiga parpol calon mitra koalisi ini akan mengambil kesepakatan.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

"Sebelumnya ada mekanisme internal di tiap parpol yang harus dijalani dalam memutuskannya," ujarnya.

Namun, kata Herzaky, tiga parpol termasuk Anies sudah memiliki lima kriteria untuk calon pemimpin Indonesia ke depan. Menurut dia, hal itu akan jadi tolok ukur dalam menentukan sosok yang akan diajukan.

"Memiliki integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, dan semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan," lanjut Herzaky.

Relawan Go Anies berikan rompi kuning ke Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Pun, dia menekankan pasangan capres yang akan diusung 3 parpol dalam koalisi mesti memiliki chemistry yang kuat untuk semangat perubahan. Maka itu, kata dia, tak ada dari tiga parpol yang berjalan sendiri-sendiri dalam menentukan cawapres yang akan mendampingi Anies.

"Chemistry, karena kami ingin presiden dan wakil presiden saling melengkapi, saling mendukung, bukan malah saling mendahului atau saling berkontestasi," kata Herzaky.

Untuk diketahui, Demokrat bersama Nasdem dan PKS tengah melakukan penjajakan komunikasi politik untuk membentuk poros koalisi di 2024. Poros ini santer akan mengusung eks Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Dalam prosesnya, Demokrat menyodorkan nama Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhyono atau AHY sebagai cawapres. Dari PKS ditawarkan nama Wakil Ketua Majelis Syuro Ahmad Heryawan alias Aher.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya