LSI Denny JA: Elektabilitas PDIP Teratas, Diikuti Golkar dan Gerindra

Bendera partai-partai politik. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVA Politik – Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) merilis hasil temuan dan analisis survei terbaru mengenai elektabilitas partai politik di Indonesia jelang Pemilu 2024. Survei ini dilakukan pada tanggal 11-20 September 2022 dengan melibatkan 1.200 responden.

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun

Metodologi sampling yang digunakan yakni multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dan Survei ini memiliki tingkat margin of error sebesar +/- 2.9 persen.

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Dalam kesempatan itu, Peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana menyebutkan bahwa partai yang memiliki elektabilitas tertinggi saat ini yaitu PDIP dengan elektabilitas 20,19 persen. Posisi kedua diisi oleh partai Golkar 14,5 persen.

"Jika pemilu diadakan hari ini, dari 16 partai, mayoritas memili PDI Perjuangan dengan perolehan 20,19 persen, diikuti Partai Golkar 14,5 persen dan Posisi ketiga ada Partai Gerindra 9,8 persen," kata Ade dalam keterangan persnya Selasa 1 November 2022.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Untuk posisi keempat, diduduki oleh Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dengan perolehan elektabilitas 8,3 persen, diikuti PKB dengan elektabilitas 5,9 persen. Posisi keenam diisi oleh Partai Demokrat dengan 5,4 persen.

"Kemudian Nasdem 3,9 persen, dan ada partai-partai lain seperti perindo yang kemarin tidak lolos di parlemen ternyata sekarang ada peningkatan di sini sebesar 3 persen," kata Ade.

Ilustrasi bendera sejumlah parpol berderet di Ocean Corner, Tanjung Pinang.

Photo :
  • VIVAnews/Yuliseperi

Sementara itu, ada beberapa partai lama namun saat ini jumlah perolehan elektabilitasnya masih belum mencapai 4 persen. Mereka adalah PAN, PPP, Hanura dan sejumlah partai lainnya.

"Masih ada yang belum menjawab sebesar 21,6 persen," ujar Ade.

Berikut tingkat elektabilitas sejumlah Parpol di tanah air versi survei LSI Denny JA:

- PDIP 20,9%
- Partai Golkar 14,5%
- Partai Gerindra 9,8%
- PKS 8,3%
- PKB 5,9%
- Partai Demokrat 5,4%
- Partai Nasdem 3,9%
- Partai Perindo 3,09%
- PPP 2,3%
- PAN 2,1%
- Hanura 0,8%
- PSI 0,6%
- Partai Garuda 0,4%
- PKPI 0,4%
- PBB 0,1%
- Partai Berkarya 0,0%
- Tidak Tahu/Tidak Jawab/ Rahasia 21,6%

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya