Johan Budi Bantah Pencopotan dari BURT Terkait Dewan Kolonel

Anggota DPR RI dari PDIP Johan Budi Sapto Pribowo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA Politik - Legislator PDIP Johan Budi menepis pencopotannya dari jabatan Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR lantaran terkait 'Dewan Kolonel' untuk mendukung Puan Maharani sebagai Capres. Menurut Johan, rotasi alat kelengkapan dewan (AKD) di DPR merupakan hal biasa.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Rotasi Hal yang Biasa

"Gini, yang pertama perputaran atau rotasi di AKD itukan biasa di semua fraksi, tidak hanya di PDI Perjuangan," kata Johan Budi di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 November 2022.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Belum Setahun

Fraksi PDIP menempatkan Johan Budi di Badan Legislasi DPR. Padahal, belum setahun Johan Budi mengisi jabatan Wakil Ketua BURT DPR.

Ibas Harap Prabowo-Gibran Penuhi Janji Politik saat Kampanye

Johan Budi diangkat menjadi Wakil Ketua BURT DPR pada 7 Februari 2022 menggantikan Evita Nursanty. Kini, Johan Budi digantikan oleh Dede Indra Permana.

"Nah kemarin, beberapa waktu yang lalu saya diminta oleh Ketua Fraksi (Utut Adianto) untuk pindah ke Baleg, karena menurut Ketua Fraksi bahwa saya dibutuhkan di Baleg," kata Johan Budi.

Belum Terima Surat Terkait Sanksi

Mengenai sanksi DPP PDIP Bidang Kehormatan kepada anggota Dewan Kolonel, Johan mengaku belum menerima surat sejauh ini. Mantan Jubir KPK itu juga berdalih belum dipanggil DPP untuk klarifikasi, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyanto alias FX Rudy beberapa waktu lau.

"Sampai hari ini saya belum melihat, saya gak tahu kalau saya dikirimin. Mungkin belum sampai ke saya, tapi sampai hari ini saya belum membaca atau melihat itu," katanya.

Fraksi PDIP Copot Johan Budi

Sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan mencopot legislator PDIP Johan Budi sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR. Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar pun membenarkan informasi tersebut.

"Iya, Pak Johan Budi diganti," kata Indra saat dihubungi awak media, Selasa, 1 November 2022.

Meski begitu, Indra tidak menjelaskan alasan pergantian Johan Budi. Dia hanya menyebut sosok yang diajukan Fraksi PDIP sebagai Wakil Ketua BURT yang baru.

"Diganti Pak Dede Indra Permana," ujarnya.

Sejumlah kader PDIP ditertibkan oleh DPP PDIP mengenai Pilpres 2024. Ganjar Pranowo pun bahkan sempat dipanggil DPP PDIP dan diberi sanksi teguran lisan.

Sementara Johan Budi beberapa waktu lalu sempat santer mendengungkan “Dewan Kolonel” yang notabene untuk mendukung Puan Maharani dalam Pilpres 2024.

Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun dikonfirmasi mengenai pencopotan Johan Budi dari BURT DPR, enggan menjawab. Mulanya dia bersedia menanggapi isu relawan Ganjar Pranowo yang mengusulkan Jokowi menjadi Ketum PDIP.

“Sudah, kita sekarang sudah pindah tema lain,” selorohnya, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya