Megawati Luapkan Kebanggaannya Usai Puan Dapat Gelar Doktor HC dari PKNU Korsel

Megawati Diapit Kedua Anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani yang mendapat gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Sebagai orangtua, Megawati mengaku bangga atas raihan gelar kehormatan yang dianugerahi kepada putrinya tersebut. 

“Ketika Ibu Puan mengatakan dapat Doktor Honoris Causa dari Kampus PKNU, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami,” kata Megawati melalui keterangannya pada Senin, 7 November 2022.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Penganugerahan Doktor Honoris Causa bidang politik, menjadi gelar doktor kehormatan kedua bagi Puan. Maka dari itu, Megawati menantang Puan untuk mendapatkan gelar lebih banyak lagi agar melebihi dirinya. Juga agar bisa melebihi Presiden Soekarno atau Bung Karno, yang merupakan kakek dari Puan.

Jelas Ketua Umum PDI Perjuangan itu, Bung Karno memiliki 26 gelar Doktor Honoris Causa dari seluruh dunia. Sedangkan Megawati kini memiliki 2 gelar profesor kehormatan dan 9 gelar Doktor Honoris Causa. Sekarang, Megawati masih menunggu lagi 5 gelar Doktor Honoris Causa.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

“Karena itu, saya katakan ‘ibu harus kamu kalahkan'. Beliau (Puan) harus mengalahkan saya dapat gelar. Terima kasih atas kehormatan yang diberikan kepada keluarga besar Bung Karno,” kata Megawati.

Megawati sangat mendukung pemberian gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU tersebut. Apalagi Megawati mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), untuk mengembangkan lembaga tersebut.

“Saya sangat ingin bekerjasama dengan PKNU dalam bidang kelautan dan perikanan. Ini sebuah kesempatan yang sangat baik antara BRIN dan Pukyong. Kita harus memperhatikan laut kita, terutama lingkungan hidupnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, hubungan keluarga Bung Karno dengan Korea sudah terjalin erat sejak lama. Kehangatan hubungan tersebut dilanjutkan oleh Megawati, terutama saat ia menjadi Presiden Indonesia, hingga saat ini.

Bahkan, Megawati mendapat anugerah gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) dan gelar Doktor Honoris Causa dari beberapa universitas di Korea. Megawati pernah menjadi utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk ke Korea Utara dalam menjalankan diplomasi perdamaian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya