Puan Dapat Gelar Doktor HC dari PKNU Korsel, Sultan DPD: Beliau Pantas

Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin
Sumber :

VIVA Politik - Momen Ketua DPR RI Puan Maharani menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Puk Yong National University (PKNU), jadi perhatian. Puan dinilai layak menerima gelar Doktor Honoris Causa tersebut.

Anggota DPR Minta Kemenhub Kaji Ulang Penurunan Kelas 17 Bandara Internasional

Waki Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sultan B Najamudin turut bangga dengan penpaian Puan. Menurut dia, Ketua DPP PDIP itu aktif menyuarakan peran perempuan dalam dunia politik.

"Saya kira sebagai politisi yang aktif menyerukan peran perampuan dalam dunia politik di banyak forum internasional. Beliau pantas menyandang gelar kehormatan tersebut. Sebagai kolega, kami turut bahagia dan bangga dengan capaian Bu Puan," kata Sultan, dalam keterangannya, Rabu, 9 November 2022.

Anggota DPR Sebut Wacana Luhut soal Kewarganegaraan Ganda adalah Angin Segar

Ketua DPR Puan Maharani saat dapat gelar doktor honoris causa di Korsel

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, gelar Doktor Honoris Causa yang diraih Puan juga sebagai wujud pengakuan publik internasional terhadap kinerja eks Menko PMK itu dalam memimpin DPR RI periode 2019-2024. Sejauh ini, kata dia, Puan efektif meneduhkan suasana politik DPR yang multi fraksi partai politik. Bagi dia, fenomena itu jarang dijumpai dalam politik nasional.

Kelakar Hakim Arief Hidayat Sebut PPP Tak Lolos DPR gegara Ditinggal Arsul Sani

"Sangat jarang kita menjumpai pengaruh politik seorang tokoh nasional yang mampu mengelola berbagai jenis kekuatan politik. Kemudian, menghasilkan produktivitas legislasi DPR selama ini," jelas senator asal Bengkulu ini.

Pun, dia menyampaikan sosok kepemimpinan Puan selama ini memiliki sepak terjang mumpuni dalam bidang politik terutama perempuan sehingga dapat meneduhkan situasi politik di parlemen Indonesia. 

“Hal ini tidak terlepas dari pengalaman, ketenangan dan gaya komunikasi Bu Puan yang secara lembut menyentuh kekuatan-kekuatan politik nasional,” ujarnya.

Wakil Ketua DPD Sultan Najamudin

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, kata Sultan, hanya sedikit tokoh politik perempuan dunia yang eksis dan sukses memimpin lembaga eksekutif atau legislatif. Sementara, ia menilai Puan mampu menarik perhatian pengamat politik internasional untuk melihat budaya politik Indonesia yang demokratis dan punya sense of gender.

Artinya, menurut dia, dengan gelar Doktor Honoris Causa dari kampus Korea Selatan itu, Puan jadi tokoh perempuan yang menginspirasi perempuan dunia untuk berkiprah di dunia politik.

“Karena masih banyak negara demokrasi yang belum sepenuhnya memberikan kesempatan bagi kaum perampuan untuk memperjuangkan hak-haknya di bidang politik," tuturnya.

Sebelumnya, Puan menerima gelar kehormatan dari PKNU Korsel. Dia bangga dengan gelar dari PKNU lantaran dianggapnya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan dan di dunia. 

“Sungguh suatu kehormatan yang begitu membanggakan dan membahagiakan, bukan saja bagi saya. Tetapi juga bagi keluarga besar kami, khususnya Ibu kami, Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri,” kata Puan dalam keterangannya pada Senin, 7 November 2022.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya