Pengamat: Erick Thohir Jadi Man of Action

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Drajad Wibowo menilai sebagai seorang pemimpinMenteri BUMN Erick Thohir tidak ragu dalam mengambil keputusan. Terutama keputusan yang menyangkut dengan hajat hidup orang banyak. Erick diketahui banyak diusung menjadi cawapres pada Pilpes 2024 mendatang.

Ini Deretan Menteri Jokowi yang Hadir di KPU Saksikan Penetapan Prabowo Presiden

Erick Thohir, kata dia menjadi figur yang memiliki perencanaan baik dalam manajemen kepemimpinannya. Terbukti semua program kerja bahkan tugas-tugas kenegaraan khusus dari presiden selalu berhasil dituntaskan dengan amat baik.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati.
Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Pak Erick Thohir ini memang bisnisman pemimpin yang seorang doer yang things done. Jadi man of action," kata Drajad di Jakarta, Minggu 13 November 2022.

Misalnya saja, dia menambahkan, bagaimana kepiawaian Erick Thohir dalam melakukan lobi terhadap FIFA pasca tragedi di Kanjuruhan, Malang. Berkat jaringan internasional yang telah dibangun sebelumnya, Erick Thohir berhasil membuat Indonesia terhindar dari sanksi. 

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Bahkan sebelumnya, lanjut dia, rekam jejak mentereng Erick Thohir dalam membantu penanganan pandemi Covid-19 lalu. Erick bersama jajaran menteri yang dimandati langsung presiden telah sukses menghadirkan jutaan vaksin yang berbasis dari Amerika dan China.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

Dia menilai, hal tersebut tentu dapat menjadi satu bukti bahwa manta Presiden Inter Milan itu, mempunyai intuisi yang kuat. Sehingga setiap hasil kerja yang diperoleh pada saat ini merupakan hasil nyata buah dari kerja keras untuk kemajuan Indonesia.

"Jadi ketika ditugasi sesuatu (bagi Erick Thohir) ya ukurannya itu jalan atau tidak dan itu tidak perlu dipoles-poles lagi," kata Drajad.

Survei cawapres

Sebelumnya, Hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024 dengan elektabilitas terkuat. LSI melakukan simulasi 3 pasang Capres dan pasangan Prabowo-Erick mampu ungguli dua kandidat lainnya. 
 

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam simulasi tiga poros, pasangan Prabowo-Erick unggul cukup jauh atas duet Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil maupun Ganjar Pranowo-Puan Maharani. Prabowo-Erick unggul 9,6 persen atas Ganjar-Puan yang berada di posisi kedua.

"Pada simulasi tertutup ini, duet Prabowo-Erick unggul dengan elektabilitas sebesar 37,8 persen, baru disusul Ganjar-Puan sebesar 28,2 persen, dan terakhir Airlangga-RK dengan 16,8 persen," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya yang dikutip Senin 5 September 2022 

Djayadi menyampaikan, duet Prabowo-Erick pun tetap unggul saat digelar simulasi tertutup tiga pasangan yang kedua. Kali ini, Prabowo-Erick berhadapan dengan Airlangga-Ridwan Kamil (RK) dan Ganjar-Sandiaga. 

“Di simulasi kedua, pasangan Prabowo-Erick Thohir unggul jauh dengan 37,6 persen, sementara itu Ganjar-Sandiaga di posisi kedua dengan 32,2 persen dan Airlangga-RK sebesar 14,9 persen," ucap Djayadi. 

Dalam survei ini, LSI juga menunjukkan elektabilitas sejumlah tokoh yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024. Nama yang masuk posisi teratas, masih diisi oleh nama-nama langganan survei, seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya