PKS: Kalau Nasdem Mau Ajukan Gibran Jadi Cawapres Anies, Silakan

Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA Politik - Pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memunculkan spekulasi politik. Salah satunya Gibran yang dinilai Nasdem cocok jadi cawapres pendamping Anies.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Menanggapi itu, Juru Bicara DPP PKS Muhammad Kholid menilai akan menghormati jika benar sikap Nasdem demikian. Menurut dia, sejauh ini, Gibran tak pernah disebut di tim kecil yang disepakati Nasdem, PKS, dan Demokrat.

Dia bilang, jika Nasdem ingin Gibran cawapres maka dipersilakan.

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Seyuman Anda Itu Berat Sekali

“Terkait Cawapres, nama Mas Gibran tidak pernah dibahas di tim kecil. Kalau Nasdem mau ajukan Mas Gibran ya itu haknya Nasdem. Silahkan disampaikan secara resmi di tim komunikasi koalisi 3 pihak,” kata Kholid, Rabu, 16 November 2022.

Gibran Rakabuming Raka dengan Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq
Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Menurut dia, PKS menjalankan mandat dari Majelis Syuro agar memperkenalkan mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). “PKS sendiri Insya Allah tetap memperjuangkan amanat Majelis Syuro Ahmad Heryawan,” ujarnya.

Soal pertemuan Anies-Gibran, dia menyebut tak ada masalah. Dia menekankan pertemuan itu juga jadi bukti hubungan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baik-baik saja.

“Saya kira itu baik ya Pak Anies silaturahim dengan Mas Gibran. Itu menunjukan bahwa Pak Anies memiliki hubungan personal yang baik dengan Presiden Joko widodo dan keluarga beliau,” kata Kholid.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Memang, kata dia, relasi personal itu harus tetap terjaga dan terawat dengan baik. Meskipun ada perbedaan sikap politik, Kholid menyebut hubungan secara personal antar tokoh harus tetap hangat. 

“Saya kira itu positif relasi personal harus terawat dengan baik,” jelas dia.

Sebelumnya, pertemuan Anies dengan Gibran direspons sejumlah elite partai politik. Salah satunya elite PDIP yang menyindir pertemuan tersebut. Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut cara Anies seperti ingin memeceah belah.

Lalu, elite Nasdem seperti Wakil Ketua Umum DPP Ahmad Ali yang melontarkan omongan jika Gibran pantas jadi cawapres pendamping Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya