Erick Thohir Dipercaya Jokowi Urus Nikahan Kaesang, Pengamat: Persiapan 2024

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Pengamat politik Fernando EMaS menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki hubungan yang spesial dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu tercermin dari kehadiran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang meninjau langsung lokasi ngunduh mantu pernikahan anak Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Puri Mangkunegaran, Solo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Kehadiran Erick Thohir di lokasi pekerjaan panggung ini mengindikasikan dirinya dipercayakan oleh Presiden Jokowi sebagai panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang rencananya akan digelar pada 10 Desember tahun ini. Hal ini menurut Fernando bukanlah hal sesuatu yang mengherankan.

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu orang yang dipercaya oleh Pak Jokowi adalah Pak Erick Thohir, tentunya kan ini tugas yang sangat berat bagi Erick Thohir ini melebihi tugas berat sebagai Menteri BUMN. Sehingga mendapat kepercayaan beberapa tugas, termasuk salah satunya penanganan Covid-19 dan termasuk yang baru-baru ini dipercaya untuk tugas kepentingan keluarga,” kata Fernando kepada awak media, Senin 21 November 2022.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) & mantan PM Inggris Tony Blair (paling kanan)

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) & mantan PM Inggris Tony Blair (paling kanan)

Photo :
  • Telkomsel

Menurut Direktur Rumah Politik Indonesia itu, kedekatan Jokowi dengan Erick Thohir tidak bisa dianggap sebagai pimpinan dan bawahan semata, karena kedekatan itu memiliki muatan lain yakni kepentingan politik 2024. “Karena ini berkaitan dengan kepentingan keluarga besar Pak Jokowi, menjaga nama baik agar bisa terlaksana dengan baik tugas sebagai ketua panitia untuk terlaksananya pernikahan Kaesang dengan baik, tentunya ini kalau kita lihat ada sinyal-sinyal untuk kepentingan 2024,” ujar Fernando.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Dikatakan Fernando, dalam catatannya Jokowi tidak pernah gegabah mengambil keputusan, hingga penunjukan Erick Thohir sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang ada maksud tersendiri. Dia yakin ada sesuatu nilai yang pengen ditunjukkan Jokowi melalui penunjukkan Erick Thohir ini.

"Jadi saya melihat begitu ada untuk persiapan kepentingan politik di 2024, meski ini tugasnya untuk kepentingan acara keluarga,” jelasnya. 

Fernando mengatakan, Erick Thohir merupakan salah satu Menteri yang disiapkan Presiden Jokowi untuk momen politik 2024, baik sebagai Capres atau Cawapres nanti. Hal ini terlihat dengan berbagai tugas yang diembankan kepada Erick Thohir. “Jadi tinggal bagaimana Pak Erick saja bisa membuktikan bisa dipercaya oleh Pak Jokowi, termasuk nanti mengemban tugas sebagai Capres atau sebagai Cawapres yang kelak meneruskan kepemimpinan beliau,” ujarnya.

Fernando pun mengakui, Erick Thohir memiliki peluang besar menjadi Cawapres di 2024, karena realitas yang terjadi saat ini adalah dominasi kultur dimana Erick Thohir bukanlah tokoh yang berasal dari basis yang besar (Jawa) hingga peluang Capres sangat berat. 

“Kalau untuk peluang Capres itu Saya melihat kurang begitu diperhitungkan, tetapi kalau cawapres peluangnya sangat besar. Kalau kita berbicara tentang perwakilan karena harus kita akuin bahwa kita ini terdiri dari berbagai suku bangsa dan daerah, walaupun misalnya selama ini didominasi oleh kelompok Jawa, tetapi salah satu nilai yang dimiliki oleh Pak Erick sebagai presentasi orang dari luar pulau Jawa ini kan sangat menarik untuk beliau,” ujarnya.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Photo :
  • KBUMN.

Menurut Fernando, dari gaya komunikasi politik Presiden Jokowi, dia ingin menunjukkan figur-figur terbaik dari bawahannya untuk melanjutkan kepemimpinannya ke depan, hingga di beberapa kesempatan dia (Presiden Jokowi) selalu memperkenalkan mereka. 

“Itu tadi pengen menguji, pengen mencoba kemampuan dari siapa sih yang benar-benar bisa dipercaya, bisa dianggap mampu untuk meneruskan estafet kepemimpinannya di 2024 yang akan datang,” jelasnya.

Dari sekian menteri yang dekat dengannya, sosok Erick Thohir yang tampaknya lebih dipercayakan oleh Presiden Jokowi dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bangsa ke depan. 

“Itu kan tugas berat di 2024 mendatang, apalagi Pak Jokowi itu sudah mengeluarkan sinyal ada yang sangat berat dihadapi dunia termasuk Indonesia ke depan, makanya dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu untuk menghadapi itu, dan Erick Thohir sangat berpotensi,” ujar Fernando.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya