Elite Gerindra Amini Peringatan Jokowi soal Bahaya Politik Identitas: Rentan Perpecahan NKRI

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA / Anwar Sadat

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengamini peringatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para bakal calon presiden dan calon wakil presiden tidak melakukan politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) menjelang pemilu 2024.

Ia mengatakan bahwa politisasi SARA menjelang pemilu merugikan karena dapat menimbulkan perpecahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita pernah mengalami yang namanya politik identitas. Nah, tentunya hal ini kita sangat dirugikan. Rentan perpecahan di NKRI tercinta ini," kata Dasco di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa, 22 November 2022.

Ilustrasi Pemilu.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Oleh sebab itu, Dasco pun mengajak seluruh elemen bangsa tidak memainkan politik identitas dalam menghadapi kontestasi pemilu 2024. "Saya mengajak juga kepada anak bangsa marilah kita tidak terpolarisasi," ujarnya.

Selain untuk menghindari polarisasi, Dasco menyebut dengan tidak memainkan politik identitas jelang pemilu maka diharapkan bangsa Indonesia dapat bersatu dalam menghadapi dampak ancaman ekonomi global.

Halaman Selanjutnya
img_title