Muhaimin Iskandar Terjunkan Tim Khusus Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Gempa Bumi dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur Jawa Barat pada Senin 21 November 2022, telah memakan ratusan korban jiwa. Data sementara, ada 268 korban meninggal dunia. Tak hanya itu, bangunan seperti rumah-rumah warga, juga banyak yang hancur.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Keprihatinan terhadap bencana tersebut, datang dari banyak pihak. Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Muhaimin Iskandar, mengirimkan tim khusus. Yang mereka ini melakukan aksi tanggap bencana.

Tim telah diberangkatkan ke lokasi bencana Cianjur kemarin. Mereka juga membawa pesan duka dari Gus Muhaimin.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

"Kami menyiapkan beberapa kebutuhan untuk situasi tanggap bencana” ujar Ketua Tim DPP PKB Peduli Cianjur, Cucun Ahmad Syamsurijal, dikutip Rabu 23 November 2022.

Seorang warga menyaksikan rumah mereka ambruk terdampak gempa Cianjur

Photo :
  • AP Photo
Hak Angket Makin Gelap, Cak Imin Sebut PKB Berkeinginan Tetap Berjalan

Tim DPP PKB Peduli Cianjur berangkat dengan kekuatan penuh. Terdiri dari Ketua Fraksi PKB DPR sekaligus pimpinan rombongan Cucun A Syamsurijal, Wakil Ketua Komisi VII Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII Maman Imanul Haq, Lukman Hakim, dan Nurhud Yusro. 

Selain mereka, juga bergabung Ketua DKN Garda Bangsa Tomy Kurniawan, Bendahara DKN Garda Bangsa Rano Alfath. Beberapa anggota Fraksi PKB asal Cianjur juga terjun langsung yakni Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz. 

Dijelaskan oleh Cucun, peristiwa gempa bumi Cianjur memang cukup membuat banyak pihak bersedih. Bagaimana tidak, ratusan korban meninggal dunia, apalagi didominasi oleh anak-anak. Data sementara, ada 268 korban jiwa meninggal dunia.

“Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama. Maka sebisa mungkin kita lakukan upaya membantu untuk meringankan beban psikologis para korban,” ujarnya. 

Dijelaskannya, sesuai gempa bumi Cianjur kemarin, Ketum PKB Muhaimin Iskandar langsung  mengumpulkan jajaran partai. Karena bersamaan sedang kumpul dan menghadiri launching pembentukan lembaga saksi PKB dalam Pemilu 2024. 

“Saat itu juga Gus Muhaimin memimpin doa khusus dan menginstruksikan membentuk tim Peduli Gempa Cianjur untuk mengkosolidasikan bantuan dari kader baik yang di legislatif maupun eksekutif,” ujarnya. 

Legislator asal Jawa Barat II ini menjelaskan, untuk tahap pertama terkumpul 1.500 paket sembako, tim tenaga medis, ratusan paket obat-obatan dan uang tunai Rp 100 juta. 

Untuk membantu keberlanjutannya, DPP PKB juga menginstruksikan pembentukan Posko Bencana di beberapa tiitk di Cianjur dan sekitarnya. 

“Bantuan ini akan disalurkan melalui DPC PKB Cianjur dan Relawan Gus Muhaimin yang akan turun membantu dari proses tanggap bencana hingga proses rehabilitasi  nanti,” katanya. 

Lebih lanjut Cucun meminta semua pihak, tetap waspada akan potensi bencana di Tanah Air. Apalagi kondisi cuaca belakangan ini. Maka kewaspadaan tetap harus ditingkatkan oleh masyarakat Indonesia.

“Seperti biasa kita harus meningkatkan kewaspadaan di akhir dan di awal tahun karena biasanya potensi bencana di waktu-waktu itu cukup tinggi terjadi. Kami berharap pemerintah dan para pemangku kepentingan lain waspada terhadap potensi bencana ini,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya