Puan Minta Proses Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Cianjur Berjalan Maksimal

Ketua DPR Puan Maharani bersama para petani.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA Politik – Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah agar proses tanggap darurat bencana gempa bumi Cianjur dilakukan sebaik mungkin. Puan mengingatkan agar korban-korban gempa mendapat prioritas penanganan dan tanggap darurat harus dilakukan secara maksimal. 

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Penanganan korban, ditekankannya, harus menjadi prioritas. Baik evakuasi jenazah korban maupun perawatan terhadap korban-korban luka akibat gempa. Puan berharap, evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan bisa dipercepat.

Korban terdampak gempa Cianjur di depan RSUD Cianjur

Photo :
  • AP Photo/Firman Taqur
Kronologi Penganiayaan Siswa SMPN 55 Barombong dan Penangkapan 4 Pelaku

“Gotong royong dari wilayah lain seperti dari daerah Jawa Tengah dan DKI Jakarta dapat membantu mempercepat proses penanganan korban gempa, termasuk potensi SAR untuk evakuasi korban dan dari kelompok relawan,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya diterima awak media, Rabu, 23 November 2022. 

Menurut Ketua DPP PDIP ini, kerja sama berbagai elemen bangsa juga dapat mengoptimalkan segala proses yang dibutuhkan korban gempa bumi. Apalagi, terang Puan, banyak warga yang mengalami luka berat sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga

Bantuan tenaga kesehatan dari daerah lain maupun kelompok relawan, disebut Puan juga diperlukan. Mengingat ada banyak korban gempa sehingga membutuhkan ekstra tenaga dan peralatan medis.

Pantauan udara helikopter Basarnas di wilayah terdampak gempa Cianjur

Photo :
  • Dok Basarnas

Lebih lanjut, mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI periode 2014-2019 ini menilai, kebutuhan tenaga bantuan trauma healing bagi para korban juga harus menjadi perhatian. Pasalnya, kata Puan, tidak sedikit anak-anak yang menjadi korban gempa. 

“Korban lainnya pun cukup banyak yang mengalami trauma akibat mengalami peristiwa memilukan. Trauma healing juga dibutuhkan untuk keluarga yang kehilangan sanak saudaranya,” kata legislator Dapil Jawa Tengah V ini.

Pada kesempatan sama, Puan juga mengingatkan pemerintah agar penyaluran logistik kepada korban gempa dilakukan secara merata. Puan menilai, dapur umum perlu disiapkan di titik-titik tempat berkumpulnya korban gempa. 

“Siapkan dapur umum di rumah sakit, posko-posko pengungsian, dan semua daerah yang terdampak gempa. Kebutuhan makanan, susu, dan popok bagi anak-anak juga harus tersedia,” kata Puan.

Oleh karena itu, Puan juga meminta kementerian terkait agar mempercepat pembukaan akses jalanan yang terkena longsor akibat gempa. Dengan begitu, kata Puan, penyaluran logistik tidak terhambat. 

Semua pihak harus bahu membahu memberikan upaya terbaik dalam proses penanganan gempa Cianjur, termasuk dukungan dari masyarakat yang juga sangat penting.

Puan memastikan DPR RI mendukung pemberian bantuan dana dari pemerintah, bagi warga yang rumahnya rusak. DPR disebutnya akan mengawal pemberian bantuan sehingga semua warga mendapatkan haknya.

“Pengawasan diperlukan agar rumah yang dibangun harus berkonstruksi tahan gempa sehingga warga akan lebih aman tinggal di rumahnya,” kata Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya