Belum Terima Surpres Pergantian Panglima, Dasco: Mudah-mudahan Minggu Ini

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA / Anwar Sadat

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sampai hari ini Surat Presiden (surpres) Joko Widodo (Jokowi) terkait calon Panglima TNI, pengganti Jenderal Andika Perkasa belum diterima DPR RI pada Rabu, 23 November 2022. Kabarnya, Sekretariat Negara akan mengirim surat presiden tersebut hari ini ke DPR RI.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

“Saya sampaikan bahwa sampai hari ini, itu surpres dari presiden belum kita terima, tapi mudah-mudahan Minggu ini sudah masuk ke DPR,” kata Dasco di Gedung DPR pada Rabu, 23 November 2022.

VIVA Militer: Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan ziarah ke TMPN Kalibata

Photo :
  • Dispenad
Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Apabila surat presiden itu sudah masuk, kata dia, tentu DPR akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku. Termasuk, lanjut dia, tidak ada pelanggaran Undang-undang, karena batas waktu terkait pencalonan pengganti Panglima TNI tersebut.

“Makanya saya bilang, sampai sekarang belum. Tapi Insya Allah, dalam minggu ini mudah-mudahan sudah masuk. Minggu ini kan bisa besok, bisa lusa, bisa juga hari ini sih,” ujar Ketua Harian Partai Gerindra ini.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Menurut dia, jika surat presiden sudah masuk atau dikirimkan ke DPR. Maka, mekanismenya akan diproses sesuai ketentuan yang ada tapi dengan waktu cepat. Sehingga, ia berharap surat presiden tentang calon Panglima TNI bisa dibahas sebelum masa reses anggota DPR pertengahan Desember.

“Ya kemungkinan itu terbuka, karena mengingat waktu yang kita mau reses ini kan tanggal 15 Desember. Sehingga, kita akan upayakan proses-proses itu berjalan sampai sebelum kita reses,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya hari ini mengirimkan surat presiden (surpres) terkait pergantian panglima TNI kepada DPR RI di Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. "Kami (Istana) sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Negara.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Menurut Pratikno, pengiriman surpres tersebut pada Rabu juga mempertimbangkan reses DPR yang akan dimulai dalam waktu dekat. Saat ditanya siapa nama calon panglima TNI yang diajukan Jokowi, Pratikno enggan menjawab. "Nanti kalau sudah diterima DPR, nanti dari DPR-lah yang menyampaikan," tambah Pratikno.

Dia menjelaskan calon panglima TNI bisa berasal dari tiga kepala staf matra TNI ataupun mantan kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. "Kalau calon panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja, clue-nya itu," ujar Pratikno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya