Gerindra-PKB Mandek, Cak Imin Dinilai Opsi Terakhir Prabowo Jadi Cawapres

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

VIVA Politik - Friksi muncul di koalisi Gerindra dan PKB terkait kepastian posisi figur bakal capres yang diusung. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ternyata juga ngotot jadi capres seperti Ketua Umum Prabowo Subianto. 

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik

Pengamat politik Ujang Komarudin menganalisa ucapan Cak Imin yang ngotot capres ditafsirkan sebagai bahasa politik Wakil Ketua DPR tersebut. Menurut dia, dalam poros Gerindra-PKB saat ini tinggal bicara siapa cawapresnya.

"Bukan persaingan di capres. Itu kan bahasanya Cak Imin agar bargainingnya tinggi. Tapi, soal siapa cawapres Prabowo," kata Ujang kepada VIVA, Rabu malam, 23 November 2022.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

Baca Juga: Cak Imin Siap Bikin Poros Baru Jika Prabowo Pilih Duet dengan Ganjar

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Ujang menyebut jika Prabowo pilih Cak Imin jadi cawapres maka persoalan yang dilontarkan eks Menakertrans itu selesai. Koalisi Gerindra-PKB tak akan mandek seperti sekarang. Tapi, sebaliknya jika Cak Imin tak jadi cawapres maka koalisi Gerindra-PKB bisa bubar jalan.

"Saya sih melihatnya itu bukan karena sama-sama capres. Karena kalau Cak Imin capres, ya nggak bisa. Nggak mungkin Cak Imin capres, karena kecil elektabilitasnya. Tapi, kalau cawapresnya masih mungkin, itu logika politik sederhananya," jelas Ujang.

Pun, Ujang menambahkan dalam berkoalisi dengan PKB, mestinya Gerindra dan Prabowo sudah punya kalkulasi terkait cawapresnya. Hal ini termasuk kemungkinan jika Cak Imin tak jadi cawapres.

Dia bilang untuk Cak Imin cawapres sebagai pilihan untuk Prabowo. Sebab, jika mencari cawapres lain maka mesti dilihat kelebihannya juga. Kata dia, cawapres itu minimal berada di parpol dan punya basis dukungan massa.

"Pilihan Cak Imin itu ibaratnya opsi pilihan terakhir bagi Prabowo untuk bisa menjadi pasangan. Maka itu bagian komitmen berkoalisi tadi.  Ya tergantung apakah nanti tetap konsisten di situ," sebut Ujang.

Prabowo dan Cak Imin tanda tangan sepakat koalisi Gerindra-PKB.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Sebelumnya, Cak Imin mengakui koalisi Gerindra dan PKB alot soal deklarasi capres-cawapres. Kata dia, dirinya dan Prabowo sama-sama ngotot jadi capres.

Bahkan, Cak Imin mengancam jika Prabowo menggaet cawapres dari figur selain dirinya maka PKB siap membentuk koalisi baru. Ia mengatakan demikian karena muncul wacana Prabowo akan menggandeng Ganjar Pranowo.

"Saya bikin komposisi lain (poros baru). Kami bikin komposisi baru," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 21 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya