PKB Bocorkan Rencana Jika Cak Imin dan Prabowo Deadlock Tentukan Capres

Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.
Sumber :
  • Dok. Lukmanul Khakim

VIVA Politik - Poros koalisi yang dibangun Gerindra dan PKB dilanda riak perdebatan soal figur bakal capres yang diusung. Sebab, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melempar manuver bahwa dirinya ingin jadi capres.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim menjelaskan belakangan ini isu siapa capres dalam koalisi Gerindra-PKB memang jadi pembahasan pihaknya. Dia mengklaim seluruh kader PKB ingin Cak Imin jadi capres. 

"Maunya kader PKB seluruh Indonesia tentu capresnya Cak Imin. Sementara, maunya Gerindra pak Prabowo capres," kata Lukman, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi VIVA, Kamis, 24 November 2022.

Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan

Deklarasi Gerindra-PKB di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Baca Juga: Cak Imin dan Prabowo Sama-sama Ngotot Jadi Capres 2024

Ikuti Perintah Prabowo, TKN Pastikan Aksi Damai Relawan di MK Batal

Dia menyinggung lagi kesepakatan dalam piagam kerjasama PKB dengan Gerindra. Menurutnya, soal capres dan cawapres akan dikembalikan kepada Cak Imin dan Prabowo sebagai pimpinan tertinggi kedua parpol.

Lukman mengungkapkan kemungkinan rencana jika antara Prabowo dan Cak Imin deadlock alias tak ada titik temu.

"Kalau ternyata nantinya pembicaraan macet, alias tidak ada titik temu, ya kita bahas lagi di internal masing masing untuk menemukan formula terbaik," tutur Lukman.

Menurut dia, kemungkinan membentuk koalisi baru dengan parpol lain cukup terbuka. Tapi, ia menekankan PKB masih komitmen dengan Gerindra.

"Kita bisa bikin arus baru yang lebih tangguh. Tapi sampai detik kita masih menjaga komitmen dengan Gerindra," jelasnya.

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Pun, dia berharap agar Prabowo dan Cak Imin segera bertemu untuk berdiskusi. Lukman mengatakan sampai saat ini belum ada rencana pertemuan antara dua pimpinan parpol tersebut,

"Setahu saya masih pada sibuk dengan agenda masing-masing. Mungkin bulan depan atau malah tahun depan baru bisa ngopi lagi," sebutnya.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebelumnya melempar manuver terkait alasan pihaknya bersama Gerindra belum deklarasikan pasangan capres dan cawapres.
Menurut Cak Imin, dirinya dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sama-sama ngotot menjadi capres 2024. Dia bilang akan bicara dengan Prabowo soal penentuan capres.

"Belum, kami akan duduk berdua (dengan Prabowo), karena sampai detik ini masing-masing ngotot jadi capres," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin, 21 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya