Kader hingga Pendiri Dukung Anies, PAN: Bukan Mewakili Partai

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam sebuah forum diskusi di Jakarta.
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam sebuah forum diskusi di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA Politik - Sekelompok orang mengklaim sebagai pendiri dan kader Partai Amanat Nasional (PAN) mendeklarasikan dukungan terhadap Anies. Mereka tergabung dalam relawan Amanat Anies (Anies) beri dukungan karena kinerja Anies dalam memimpin DKI Jakarta.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi merespons adanya kelompok relawan tersebut. Menurut dia, aksi deklarasi yang disampaikan mereka tidak mewakili partai.

“Mereka mendeklarasikan diri sebagai relawan adalah atas nama sikap pribadi. Mereka tidak mewakili institusi PAN. Karena mereka sudah tidak aktif lagi di PAN, atau bahkan ada yang sudah keluar dari PAN karena bergabung dengan partai politik lain,” kata Viva Yoga melalui keterangannya pada Kamis, 24 November 2022.

Erick Thohir dan Gubernur DKI Anies Baswedan hadir dalam acara  PAN.

Erick Thohir dan Gubernur DKI Anies Baswedan hadir dalam acara PAN.

Photo :
  • Istimewa

Dia menjelaskan terkait Pilpres 2024, PAN merujuk hasil keputusan Rakernas PAN 2020. Ia bilang rakernas berikan amanat dan tugas kepada Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka menetapkan dan memutuskan pasangan calon presiden atau wakil presiden.

“Demi untuk kepentingan dan kemajuan PAN serta kepentingan bangsa dan negara" ujar Viva.

Pun, dia menambahkan nama Anies Baswedan memang masuk sebagai rekomendasi sebagai bakal calon presiden atau wakil presiden dalam Rakernas PAN 2020. Selain Anies, kata dia, ada nama Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Zulkifli Hasan, dan Airlangga Hartarto.