Survei Indopolling Network: PDIP Masih Kuasai Jakarta, PKS Salip Gerindra

Indopolling Network merilis hasil survei
Indopolling Network merilis hasil survei
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Hasil survei Indopolling Network di DKI Jakarta memperlihatkan temuan lapangan, PDIP terlihat masih menguasai dukungan pemilih, memperkokoh dukungan sebagaimana hasil pemilu 2019.

Temuan lain yaitu makin menguatnya dukungan terhadap PKS yang berhasil melampaui Partai Gerindra. Hal tersebut diungkapkan oleh Dewi Arum Nawangwungu, Direktur Riset Indopolling Network.

Ilustrasi simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Ilustrasi simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

“Dari simulasi pertanyaan tertutup pilihan partai, elektabilitas PDIP saat ini masih unggul di DKI Jakarta dengan elektabilitas sebesar 22,8%. Disusul oleh PKS (18,1%); Gerindra (11,2%); Nasdem (8,8%); Demokrat (6,4%); Golkar (4,8%) PPP (4,0%) dan PKB (3,7%). Elektabilitas partai lainnya masih di bawah (3,0%). Jika dibandingkan dengan hasil pemilu 2019, yang menarik dari temuan hasil survei ini adalah adanya pergeseran posisi dukungan, dimana PKS berada di posisi kedua menggeser partai Gerindra,” ujar Arum dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 November 2022.

Arum menjelaskan, dilihat dari sebaran dukungan wilayah, PDIP terlihat menguasai dukungan dari wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

“Sementara PKS terlihat unggul di wilayah Jakarta Selatan,” kata Arum.

Halaman Selanjutnya
img_title