Jokowi Lempar Kode 'Jatah' dan 'Rambut Putih', Sinyal Dukung Duet Prabowo-Ganjar?

Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Presiden Joko Widodo atau Jokowi lagi-lagi melempar pernyataan yang ditafsirkan sebagai kode dukungan untuk kepentingan Pilpres 2024. Dia bilang pemimpin yang memikirkan rakyat adalah berambut putih.

Bawaslu Sebut Pelanggaran Netralitas ASN dalam Pilkada di Sumbar Tinggi

Kode omongan rambut putih itu ditafsirkan sebagai dukungan ke tokoh tertentu termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebelumnya, Jokowi juga sempat melempar kode karena bicara ‘setelah ini jatah Pak Prabowo’ yang ditafsirkan dukungan ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pengamat politik Arif Nurul Imam menganalisa manuver Jokowi itu kuat ditafsirkan sinyal untuk Prabowo dan Ganjar yang mungkin bisa berduet. Menurut dia, jika dua tokoh ini bisa berpasangan di 2024 maka akan jadi kolaborasi yang kuat. 

Berhasil Menangkan Pilpres, 34 Kelompok Relawan Minta Prabowo Usung Sudaryono di Pilgub Jateng

Arif mengatakan demikian karena dua tokoh tersebut sama-sama punya basis pendukung yang besar. 

"Selain itu, duet Prabowo-Ganjar ada indikasi mendapat sinyal dukungan dari Presiden Jokowi," kata Arif, Sabtu, 26 November 2022.

Budi Arie Ibaratkan Judi Online dan Pinjol Seperti Adik-Kakak, Harus Diberantas

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di acara CFD Solo

Photo :
  • Istimewa

Dia menyampaikan pandangannya dari beberapa pernyataan Jokowi diindikasikan ada keinginan menduetkan Prabowo-Ganjar.

“Apalagi koalisi Gerindra yakni PKB menyatakan bahwa otak-atik dalam Pilpres merupakan hal lumrah,” ujar  Direktur IndoStrategi Research and Consulting.

Jokowi belakangan ini melempar omongan yang ditafsirkan sebagai kode dukungan terhadap figur bakal capres 2024. Salah satunya eks Gubernur DKI itu menyebut kemungkinan Pilpres 2024 jadi jatah Prabowo Subianto yang merupakan rivalnya di dua pilpres sebelumnya. 

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.

Photo :
  • Istimewa

Ucapan Jokowi tersebut disampaikan saat acara HUT Perindo di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin, 7 November 2022. "Kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," tutur Jokowi.

Jokowi pun saat tanya awak media, mempersilakan pernyataannya itu diartikan sebagai sinyal dukungan ke Prabowo Subianto. "Ya, diartikan sinyal ya boleh. Tapi, kan saya ngomong juga nggak apa-apa," kata Jokowi.

Lalu, terbaru omongan Jokowi di depan ribuan relawannya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Jokowi bilang, seorang pemimpin terlihat dari bagaimana penampilannya.

"Perlu saya sampaikan. Perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Menurut dia, seorang pemimpin yang memikirkan rakyatnya akan terlihat dari rambutnya. Dia menyebut dengan rambut putih adalah sebagai pemimpin yang memikirkan rakyat. "Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada. Ada itu," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya