Kritik Jokowi, Demokrat: Tak Pantas Presiden Kampanye Saat Rakyat Kena Bencana

Kepala Badan Komunikasi dan Strategi Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA Politik – Partai Demokrat mengkritik tindakan Jokowi yang terkesan mengkampanyekan salah satu kandidat Calon Presiden saat berbicara dalam acara relawan yang bertajuk ‘Nusantara Bersatu’ di Gelora Bung Karno pada Sabtu 26 November 2022 kemarin. Padahal, saat ini masih dalam suasana duka akibat gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan bahwa lebih baik Jokowi fokus kerja ketimbang mengurusi persoalan Calon Presiden pada 2024.  

"Saran kami, Presiden fokus bekerja perbaiki kondisi negeri ini di sisa waktu 2 tahun ini. Rakyat banyak yang kesulitan ekonominya. Makan sehari-hari pun berat," kata Herzaky dalam keterangannya kepada awak media, Minggu 27 November 2022 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.
 
Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Herzaky meminta Jokowi fokus menyelesaikan berbagai persoalan bangsa seperti yang saat ini sangat terlihat yaitu banyaknya pengangguran akibat PHK saat Pandemi COVID-19. Belum lagi, saat ini ekonomi tengah dibayangi ketidakpastian dan krisis ekonomi global sudah di depan mata.  

"Masih banyak yang menganggur dan tak bekerja sejak pandemi. Bahkan, PHK semakin merebak dimana-mana. Daya beli rakyat tak kunjung meningkat. Ancaman stagflasi pun di depan mata," ujarnya  

Herzaky mengingatkan Jokowi untuk tidak sibuk lempar kode dukungan ke berbagai tokoh untuk Pilpres 2024 mendatang. Zaky menambahkan daripada menggelar acara besar-besaran di GBK, lebih baik uangnya disumbangkan untuk bencana di Cianjur yang belum genap satu minggu.

"Tak perlulah sibuk kasih kode sana-sini untuk urusan capres 2024. Apalagi mengumpulkan relawan. Memangnya ini musim kampanye? Lebih baik uang buat mobilisasi relawan kemarin, dipakai buat bantu korban bencana Cianjur. Bakal jauh lebih bermanfaat dan bermartabat," Ujarnya  

Herzaky mengatakan, Demokrat sesuai dengan arahan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, baru saja kembali mengirimkan bantuan untuk warga terdampak bencana Cianjur. "Situasi pasca bencana di Cianjur ini benar-benar perlu perhatian karena korban jiwa semakin hari terus bertambah," Ujarnya  

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu, 26 November 2022. Di hadapan para relawan, Jokowi membeberkan sosok pemimpin yang dekat dan memikirkan rakyatnya.   

Presiden Jokowi di acara silaturahmi dengan relawan Jokowi

Photo :
  • istimewa

Pemimpin tersebut bisa dilihat dari raut wajah hingga rambut yang sampai memutih karena memikirkan rakyatnya. "Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," kata Jokowi di lokasi.   

Di samping itu, Jokowi menyebut kalau rakyat mesti berhati-hati apabila sosok pemimpin lainnya berwajah bersih. Jokowi pun mengulangi pernyataannya bahwa pemimpin yang memikirkan rakyatnya berambut putih.   

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya