Mardani: Paling Baik Pak Jokowi Tidak Tergoda Main Politik Level Rendah

Presiden Jokowi saat hadiri acara relawan di GBK, Sabtu, 26 November 2022.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ryan Rizki

VIVA Politik - Kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi menemui massa relawan pendukungnya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu, 26 November 2022, dalam acara 'Nusantara Bertajuk' jadi sorotan. Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengkritik Jokowi dan kelompok relawannya.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan memang hak setiap orang untuk berkumpul dan berserikat. Hal itu diatur dalam Undang-Undang. Namun, ia mengingatkan soal etika.

"Selain hak, ada etika. Urusan negara yang penting dan urgen masih banyak yang perlu ditangani," kata Mardani kepada VIVA, Minggu malam, 27 November 2022.

Kemenkeu Pastikan Semua Visi-Misi Prabowo Masuk di RAPBN 2025 Sesuai Instruksi Jokowi

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Photo :
  • Facebook.com/MardaniAliSera

Baca Juga: Kritik Jokowi Endorse Capres, PKS: Menurunkan Derajat Kepemimpinan Beliau

Jokowi Mau Perpanjang Restrukturisasi Kredit, Ekonom: Jangan Sampai, Bank yang Kasihan

Menurut dia, penanganan korban gempa Cianjur hanya salah satu yang mesti jadi perhatian pemerintahan Jokowi. Pun, Jokowi diminta agar bisa memperlihatkan sikap politik yang cermat sebagai kepala negara.

"Paling baik Pak Jokowi tidak tergoda untuk main politik level rendah. Sayang posisi beliau yang tinggi jadi tercemar jika ikut keinginan para pihak," sebut Anggota DPR tersebut.

Sebelumnya, penggunaan Stadion GBK oleh relawan pendukung Jokowi menuai kritik. Padahal, kabarnya pemerintah melarang sementara penggunaan GBK karena sebagai persiapan venue untuk Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni 2023.

Namun, GBK bisa dipakai oleh relawan Jokowi dalam acara 'Nusantara Bertajuk' pada Sabtu, 26 November 2022. Jokowi pun hadir dalam kesempatan itu dengan menyampaikan pidato politiknya.

Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

Saat itu, eks Gubernur DKI itu bicara soal program infrastruktur era pemerintahannya yang sudah terasa dampaknya untuk rakyat. Lalu, Jokowi juga menyebut penampilan pemimpin yang dekat dan memimirkan rakyat.

Dia bilang pemimpin itu bisa dilihat dari raut wajah hingga rambut yang sampai memutih karena memikirkan rakyatnya.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," kata Jokowi di GBK, Sabtu, 26 November 2022. 

Omongan Jokowi itu juga memunculkan reaksi dari berbagai pihak. Ucapan Jokowi pemimpin rambut putih memikirkan rakyat ditafsirkan sebagai kode dukungan dan endorse untuk capres tertentu seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Ganjar merupakan salah satu figur yang digadang-gadang nyapres. Penampilan politikus PDIP punya ciri khas dengan rambutnya yang putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya