Mensesneg Klaim Rotasi Matra Jadi Pertimbangan Jokowi Pilih Yudo Margono Calon Panglima TNI

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik – Menteri Sekretaris Negara Pratikno membeberkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI. Salah satu pertimbangan dasarnya, kata Pratikno, rotasi antar-matra di TNI.

"Ya, bisa jadi salah satu pertimbangannya [rotasi matra di tubuh TNI]. Saya kira itu salah satulah pertimbangannya," kata Pratikno usai menyerahkan Surpres pengganti Panglima TNI ke pimpinan DPR di Gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Panglima TNI saat ini adalah Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari matra Angkatan Darat. Sebelumnya Marsekal Hadi Tjahjanto yang merupakan prajurit Angkutan Udara. Kini saatnya panglima TNI dari matra Angkutan Laut.

Laksamana TNI Yudo Margono melepas aramada perang TNI Angkatan Laut

Laksamana TNI Yudo Margono melepas aramada perang TNI Angkatan Laut

Photo :
  • Instagram/@tni_angkatan_laut

Menurut Pratikno, semua kepala staf TNI layak menjadi panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Apalagi panglima TNI selalu berasal kepala staf angkatan.

"Jadi, kalau calon panglima TNI itu selalu dari kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. Nah, dalam hal ini, yang memenuhi syarat, ya, hanya tiga, apakah KSAU, KSAD, atau KSAL. Semuanya kan sudah memenuhi syarat sebenarnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title