Survei Voxpol: Anies Dipilih Karena Prestasi, Ganjar Karena Dekat Rakyat, Prabowo Tegas

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik – Founder sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengungkapkan, bahwa temuan terbaru hasil survei pihaknya yang dilakukan pada November 2022 menunjukkan adanya perbedaan mencolok karakter pemilih antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Dikatakan Pangi, pemilih Anies memilih berdasarkan alasan rasional dengan melihat prestasi dan kinerja. Sementara Ganjar dipilih berdasarkan alasan sosiologis dimana sosok pemimpin yang “dekat dengan rakyat” menjadi pertimbangan utama. 

Adapun Prabowo Subianto, kata dia, dipilih karena faktor psikologis dimana sikap “tegas” pemimpin menjadi pertimbangan utama.

“Dalam temuan survei ini, ketika kita tanya ke responden apa alasan ibu/bapak/saudara memilih calon presiden? Sebesar 21,2% menjawab Anies Rasyid Baswedan adalah gubernur berprestasi,” kata Pangi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 29 November 2022.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago

Photo :
  • Istimewa

Dalam model pertanyaan yang sama, lanjut dia, sebesar 42,0% menjawab Ganjar Pranowo dipilih karena dekat dengan rakyat. Sementara Prabowo Subianto sebesar 35,4% dipilih karena dianggap pemimpin yang tegas.

Dijelaskan Pangi, segmen pemilih rasional menentukan pilihan politiknya atas dasar pertimbangan integritas, kapasitas dan kompetensi. Sehingga rekam jejak kandidat menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Halaman Selanjutnya
img_title