Pengamat: Kode Jokowi Soal Kriteria Pemimpin Mengarah ke Ganjar dan Erick

Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan keinginannya agar penerus kepemimpinan Indonesia adalah pemimpin yang merakyat. Orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan pemimpin yang baik adalah yang benar-benar memikirkan masyarakat dan tidak hanya bekerja di dalam istana namun juga mau turun ke bawah.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Banyak tafsir terhadap sinyal yang diberikan oleh Presiden Jokowi mendekati tahun politik 2024. Pengamat Politik Ahmad Hidayah menafsirkan calon pemimpin yang diinginkan oleh Presiden Jokowi adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Ia melihat dua pemimpin tersebut memiliki karakter kepemimpinan yang tidak jauh berbeda dengan Presiden Jokowi. Baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir adalah pemimpin yang kerap turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi maupun merealisasikan berbagai program.

“Memang yang dirujuk oleh Presiden Jokowi adalah Bapak Ganjar Pranowo. Pak Erick Thohir juga salah satu pemimpin yang sering turun ke masyarakat serta memiliki hubungan yang sangat dekat dengan beliau," Kata Ahmad dalam keterangan yang diterima hari ini.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, saat ini terus digadang-gadang oleh masyarakat untuk mengikuti pilpres 2024. Keduanya memiliki rekam jejak luar biasa dalam hal kepemimpinan. Seperti halnya Ganjar Pranowo yang sering turun ke masyarakat Jateng untuk mengentaskan kemiskinan. Terbukti angka kemiskinan Jateng menurun hampir menyentuh angka lima persen. 

Sementara itu, Erick Thohir menjadi kandidat cawapres paling potensial di peta perpolitikan Indonesia. Eks Presiden Inter Milan ini kerap turun ke masyarakat untuk merealisasikan berbagai program.

Program-program ini di antaranya adalah KUR, Mekaar, Makmur, Solusi Nelayan, Energi Tani, Santripreneur dan Pesantrenpreneur. Ia juga menjadi menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi karena berhasil menyelesaikan berbagai tugas strategis negara.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Photo :
  • KBUMN.

Tugas-tugas ini adalah menanggulangi COVID-19, memulihkan ekonomi nasional dengan membantu masyarakat dan negara serta membersihkan Kementerian BUMN dari oknum-oknum koruptor. Terbaru bahkan Erick Thohir menerima amanah untuk menggelar acara pernikahan anak Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep sekaligus pesta rakyat Solo.

Maka dari itu, Ahmad mengatakan kemungkinan besar Presiden Jokowi merujuk kepada dua sosok pemimpin tersebut yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII) tersebut bahkan mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat Ganjar Pranowo akan diusung oleh parpol yang ditunjuk oleh Presiden Jokow.

"Pak Ganjar kemungkinan akan diusung oleh partainya Presiden Jokowi dan Erick Thohir berpotensi diusung karena sudah menjadi orang kepercayaan mulai dari TKN, menteri dan sekarang urusan pernikahan anaknya,” tutup Ahmad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya