Pengamat: Jokowi Frustasi Tak Bisa Tekan Megawati Urusan Capres

Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dengan relawan Jokowi yang bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 26 November 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

VIVA Politik – Acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertajuk 'Nusantara Bersatu' mendapatkan sorotan tajam dari berbagai lapisan masyarakat. Pengamat Politik Uchok Sky Khadafi mengatakan Mobilisasi Relawan Jokowi di GBK beberapa hari lalu menunjukkan upaya politik menghibur diri dari Presiden Jokowi.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Uchok melihat bahwa saat ini Jokowi mulai frustasi karena tak bisa berbuat banyak sebagai petugas partai. Jokowi tak memiliki kuasa untuk menentukan kandidat Capres yang diinginkannya maju dalam Pemilu 2024

"Bisa dimaknai sebagai sikap frustasi untuk menutupi kenyataan bahwa ia tidak punya kuasa menentukan calonnya untuk diusung oleh PDIP. Padahal, semua juga mengetahui bahwa relawan itu tidak punya legal standing dalam hal pengusungan caprea-cawapres," kata Uchok dalam keterangan yang diterima Selasa 29 November 2022.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Presiden Jokowi saat hadiri acara relawan di GBK, Sabtu, 26 November 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ryan Rizki

Upaya mengerahkan sekian ribu relawan itu, dinilai Uchok, sebagai cara Jokowi menunjukkan kepada PDIP bahwa dirinya masih memiliki massa yang banyak. Tetapi, Uchok meragukan relawan yang hadir tersebut benar karena mendukung Jokowi atau sengaja dikerahkan menggunakan kekuatan uang.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

"Presiden Jokowi seolah ingin menunjukkan bargaining ke PDIP seolah rakyat masih di belakangnya dan memberikan dukungan kepada siapapun calon yang dikehendaki. Meski nyatanya, yang dimobilasasi itu juga banyak yang bisa dipertanyakan apakah mereka benar-benar relawan atau "mobilisasi" yang dibiayai," ujarnya

Sejauh ini, Jokowi dinilai belum menyadari bahwa partai-partai juga punya kepentingan politik yang tentunya tidak mau dikerdilkan oleh mobilisasi relawan. Terlebih PDIP sebagai partai yang punya tiket untuk mengajukan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

"Kalau PDIP mengikuti skenario atau tekanan politik yang dilakukan Presiden Jokowi dalam hal penentuan capres, maka ke depan marwah Ketua Umum PDIP Ibu Megawati dan juga PDIP sebagai partai kader yang ideologis tinggal menunggu waktu akan diambil alih oleh demokrasi kapital sesuai dengan kepentingan oligarki," ujar Uchok

Presiden Jokowi di acara silaturahmi dengan relawan Jokowi

Photo :
  • istimewa

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi mengumpulkan puluhan ribu relawannya di Stadion Utama Gelora Bung Karno atau GBK pada Sabtu 26 November 2022. Kehadiran Jokowi secara langsung dalam acara silaturahmi itu, mendapatkan sambutan yang meriah dari seluruh relawan yang hadir.

Mayoritas relawan yang datang dari berbagai daerah menggunakan pakaian berwarna putih merah. Beberapa kaos yang digunakan bertuliskan ‘2024 manut Jokowi’, ‘Jokowi 2024 Satu Komando’. Ada juga yang membawa poster ‘Jokowi 3 Periode'.

Ketua Panitia Nusantara Bersatu Aminuddin Ma’ruf sebelumnya mengatakan Presiden Joko Widodo akan hadir pada acara tersebut dan memberikan arahan terkait Pilpres 2024.

"Nusantara Bersatu adalah perhelatan akbar untuk bisa tatap muka, temu kangen, dan silaturahim seluruh elemen relawan bersama dengan Bapak Presiden Joko Widodo," kata Aminuddin dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya