Survei: Simulasi 2 Capres, Prabowo Dapat Perlawanan Sengit dari Anies dan Ganjar

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih mendominasi dari elektabilitas dalam temuan survei terbaru Strakom Nusantara. Dalam simulasi survei dengan skenario dua capres, Menteri Pertahanan itu unggul dari kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif Strakom Nusantara Sutaman menjelaskan, dalam survei pihaknya, Prabowo mendominasi dengan mengalahkan lima nama kandidat bakal capres lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, eks Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Menurut dia, dalam simulasi dengan skenario dua pasangan calon (paslon) mendapatkan temuan tingkat elektabilitas Prabowo masih mendominasi. Kata dia, tingkat elektabilitas itu bisa menembus hingga 53 persen. Hal itu tergantung pada sosok tokoh paslon yang berhadapan dengan Prabowo di Pilpres 2024.

Sutaman mengatakan dengan skenario head to head dua capres antara Prabowo dengan Airlangga Hartarto. Dia bilang survei Strakom Nusantara merekam 53,1 persen responden memilih Prabowo. 

"Sementara, sebanyak 1,9 persen responden memilih Airlangga Hartarto. Dan, sisanya 45 persen responden memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia," kata Sutaman, dalam keterangannya, Rabu, 30 November 2022.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra  di Sentul.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra di Sentul.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Dia melanjutkan untuk simulasi dengan skenario antara Prabowo berhadapan dengan Puan Maharani. Temuan survei menyatakan Prabowo menang dengan jumlah reponden yang memilih mencapai 52,4 persen. Sedangkan, Puan hanya mendapatkan sekitar 3,1 persen. Lalu, sisanya 44,5 persen responden memilih tidak menjawab/tidak tahu/rahasia. 

Halaman Selanjutnya
img_title