Soal Fit and Proper Test Yudo Calon Panglima TNI, Dasco: Pimpinan Masih Sibuk

KSAL Yudo Margono dan istrinya, AKBP Veronica Asyik Joget
KSAL Yudo Margono dan istrinya, AKBP Veronica Asyik Joget
Sumber :
  • Instagram @tni_angkatan_laut

VIVA Politik - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya tak mempersoalkan penunjukan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI

Menurut Dasco, hal itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menentukan calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun.

Penunjukan calon Panglima TNI ini dilakukan menyusul akan pensiunnya Jenderal Andika Perkasa pada 21 Desember 2022.

"Saya pikir itu nggak dipermasalahkan, karena kan kewenangan dari Presiden yang sudah-sudah juga memang satu nama," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Wakil Ketua DPR Sufmo Dasco Ahmad (tengah) dan Riza Patria (kanan).

Wakil Ketua DPR Sufmo Dasco Ahmad (tengah) dan Riza Patria (kanan).

Photo :
  • Istimewa

Terlebih, dalam surat presiden (Surpres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Menses) Pratikno kepada DPR, hanya menuliskan KSAL Yudo Margono untuk menjadi Panglima TNI. Mengingat, TNI memiliki 3 matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Tapi, Jokowi menunjuk Yudo Margono dari matra TNI AL untuk menjabat Panglima TNI.

"Saya sudah sampaikan kemarin, tiga kepala staf sama-sama memenuhi kriteria. Menurut kami masing-masing terbaik di institusinya," kata Dasco.

Halaman Selanjutnya
img_title