Di Bali, Rieke PDIP Bicara PP Data Desa Presisi Sesuai Amanat Founding Fathers

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka
Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Rieke Diah Pitaloka kembali mendorong pentingnya Peraturan Pemerintah (PP) terkait penyelenggaraan pemerintah daerah berbasis data desa presisi atau DPP. Anggota DPR itu mengatakan sudah saatnya desa diakui sebagai subjek.

Demikian disampaikan Rieke dalam kuliah umum dan diskusi publik di Fakultas Hukum, Universitas Udayana Bali. Dalam kesempatan itu, aktivis budaya itu juga menyerukan Gerakan Sikat Sindikat Data Negara dengan tagar #sikatsindikatdatanegara

Dia mengatakan pentingnya urgensi PP data negara karena berpengaruh terhadap jutaan rakyat. "Di balik angka dalam data negara, ada nasib dan nyawa jutaan rakyat dipertaruhkan," kata Rieke dalam keterangannya, Rabu, 30 November 2022.

Rieke bilang sudah saatnya masyarakat dijadikan subjek bukan objek. Pun, menurutnya transformasi pedesaan sudah mesti dilakukan.

"Sudah saatnya desa diakui sebagai subjek yang memiliki wewenang memproduksi data desanya," jelas Sofyan.

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Politikus PDIP Rieke Diah Pitaloka

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, era digital kemajuan teknologi jadi momentum dan instrumen untuk mewujudkan data akurat. Dia juga menekankan, DDP juga sesuai amanat founding father atau pendiri bangsa yakni pembangunan nasional hanya bisa dilakukan melalui 'democratic rural development' dan data akurat.

Halaman Selanjutnya
img_title