PKS Tentukan Capres di Akhir 2022, Siapa Yang Diusung?

Ilustrasi pendukung PKS di Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Politik – Partai Keadilan Sejahtera atau PKS memastikan, akan memutuskan sikap terkait dengan Calon Presiden (capres) pada Pemilu 2024. Keputusan diambil pada akhir tahun 2022 ini. Majelis Syuro sebagai pengambil keputusan, segera menggelar rapat membahas sikap partai.

MK Sebut Total Ada 33 Pengajuan Amicus Curiae, Hanya 14 yang Didalami Hakim

"Merujuk pernyataan Ketua Majelis Syuro (Salim Segaf Al-Jufri), kemungkinan akhir tahun (2022) ini akan dibahas oleh Majelis Syuro," kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid dikutip Kamis, 1 Desember 2022.

Anies Baswedan Bersama Petinggi Partai Demokrat, PKS dan Partai Nasdem

Photo :
  • VIVA/ Edwin Firdaus
Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Saat ini, PKS intens membangun komunikasi dengan 2 partai lainnya yakni Nasdem dan Demokrat. Maka dari itu, Kholid menjelaskan, rapat rencananya dibuka dengan penyampaian laporan Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman.

Sejauh ini, Sohibul memang yang memimpin penjajakan koalisi bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Temuan Survei LSI: Mayoritas Responden Percaya Keputusan KPU soal Hasil Pemilu 2024

"Sohibul Iman yang ditugaskan membangun komunikasi politik di tim kecil dan partai politik lainnya," kata Kholid.

Siapa Yang Diusung PKS

Sejumlah petinggi Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS bertemu dan membahas masalah koalisi menyongsong pemilu presiden di rumah Anies Baswedan di Jalan Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 25 Oktober 2022.

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Sejauh ini, PKS bersama Nasdem dan Demokrat disebut bakal berkoalisi tinggal menunggu waktu. Anies Baswedan yang telah dideklarasikan oleh Nasdem sebagai bakal Capres 2024, juga diyakini akan diterima oleh PKS dan Demokrat.

Kendati begitu, Kholid belum bisa memastikan keputusan terhadap koalisi dan sosok capres yang akan diusung partainya. Keputusan itu tergantung perkembangan dalam pembahasan.

"Tergantung dinamika nanti ya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya